Thursday, June 13, 2024
HomeDaratCegah Kereta Tergelincir, LRT Jakarta Adopsi Teknologi "Sand Box"

Cegah Kereta Tergelincir, LRT Jakarta Adopsi Teknologi “Sand Box”

Di Indonesia, saat ini tengah memasuki musim hujan dan membuat jalan basah serta licin. Kondisi ini juga terjadi di jalur atau rel kereta api yang terbuat dari baja. Kondisi basah dan licin tersebut berisiko membuat roda berputar di tempat atau selip.

Baca juga: Stasiun LRT Jakarta Kebakaran, Diduga Penyebabnya Ledakan Gas Nitrogen

Bahkan kereta bisa tergelincir dan masalah pun menjadi semakin besar. Untuk membuat jalur kereta ini tidak basah dan licin, ada hal yang harus dilakukan oleh para operator sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

KabarPenumpang.com mengutip dari Instagram LRT Jakarta, untuk mengatasi dan mengurangi risiko selip atau tergelincir pada kereta, maka digunakankan pasir. Light Rail Vehicle (LRV) yang dioperasikan PT LRT Jakarta ternyata memiliki sistem pemasir sendiri yang sudah canggh.

Pasir ini tersimpan pada wadah penampung atau Sand Boxyang mana akan langsung menaburkan pasir ke atas permukaan jalan rel. Pasir tersebut akan ditabur jika LRV mendeteksi adanya putaran roda yang tidak normal akibat selip atau tergelincir.

Nantinya perangkat komputerisasi LRV yang bernama TCMS akan memerintahkan sistem pemasir untuk bekerja, dan menaburkan pasir dari Sand Box ke jalan rel yang akan dilewatinya sambil bergerak secara otomatis. Namun demikian, masinis juga dapat mengoperasikan sistem pemasir ini secara manual.

Setiap LRV memiliki total empat unit Sand Box pada masing-masing ujung LRV.
Pasir yang digunakan merupakan pasir silika yang berbentuk butiran padat, sehingga dapat menambah gaya gesek untuk mencegah dan mengurangi risiko roda selip atau tergelincir, dan kereta dapat melaju sebagaimana biasa di atas permukaan rel yang basah dengan aman.

Baca juga: Di Tengah Pandemi dan Sepinya Penumpang, PT LRT Jakarta Justru Buka Lowongan

LRT Jakarta terus memastikan sistem pemasir selalu dalam keadaan laik demi keselamatan operasi LRV. Jadi, bagi Anda yang menggunakan layanan LRTJ saat kondisi hujan, jangan khawatir karena LRT Jakarta selalu menjaga kelaikan LRV dalam kondisi apapun.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru