Cepirit Saat di Moda Transportasi? Ini Ternyata Penyebabnya!

0

Kentut merupakan hal yang alamiah di mana gas dari saluran pencernaan akan dikeluarkan. Hal ini pun bisa dikatakan normal dan wajar karena setiap orang pasti kentut baik itu berbunyi atau tidak. Apalagi sebagai penumpang moda transportasi sepertinya kentut juga tidak masalah asalkan tidak berbunyi dan mengeluarkan bau.

Baca juga: Kandungan Gas dalam Usus Meningkat, Inilah Pangkal Fenomena ‘Kentut’ Selama Penerbangan

Namun, sepertinya ketika berada di transportasi umum dan kentut bau, penumpang pun tak lagi memperdulikannya. Tetapi bagaimana ketika kentut dan mengeluarkan kotoran alias cepirit? Bisa jadi Anda panik apalagi jika duduk dan merasa ada yang basah ketika memegang celana bagian belakang.

Pasti sebagai penumpang malu dan bingung bagaimana cara menutupi ketika bangun dari kursi. Tapi, sebenarnya apa yang membuat seseorang bisa cepirit? Ternyata, KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, berikut ini ada beberapa penyebab cepirit yag bisa dialami siapapun dan dimanapun.

1. BAB tidak tuntas
Bila kotoran atau cepirit keluar belum lama setelah buang air besar, bisa jadi BAB belum tuntas. Tak hanya itu bisa juga karena sembelit atau terburu-buru sehingga ketika BAB tanggung.

2. Penyakit
Biasanya karena diare, seseorang bisa cepirit apalagi ketika seseorang tengah minum obat tertentu. Tak hanya itu, pergerakan usus yang lebih cepat seperti Crohn’s disease yang merupakan salah satu penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan pada lapisan dinding sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga anus. Bahkan ulcerative colitis atau pembengkakakn yang terjadi di usus besar juga bisa menjadi penyebab cepirit.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang) pada

3. Stres
Banyak hal yang tengah dipikirkan akan membuat tekanan pada fisik dan mental yang bisa mengganggu pencernaan ataupun kram perut. Hal ini kemudian membuat makanan di usus terdorong ke arah anus lebih kuat dari biasanya dan bila tak tertahankan ketika kentut maka sebagain kecilnya akan keluar ketika kentut.

Baca juga: Gara-Gara Jetlag Jadi Susah BAB

4. Salah makan
Salah makan bisa memicu diare yang membuat tinja jadi lebih lembek dan cair. Ini membuatnya bisa keluar lebih mudah termasuk saat kentut.

Leave a Reply