Thursday, June 30, 2022
HomeDestinasiCina Buka Rute Kereta Lintasi Gurun Taklimakan Sepanjang 2.712 Km

Cina Buka Rute Kereta Lintasi Gurun Taklimakan Sepanjang 2.712 Km

Sebagai negara pemilik jaringan kereta api terbesar di dunia, maka banyak hal spektakuler yang bisa dilakukan oleh otoritas kereta api di Cina. Yang terbaru adalah Cina telah resmi membuka jalur kereta api yang melintasi wilayah gurun terbesarnya, yakni di Daerah Otonomi Uygur Xinjiang barat.

Baca juga: Etihad Rail Pamer Kereta Gurun Abu Dhabi-Dubai, Jaringan Kereta Api Nasional Pertama 1.200 Km Rampung?

Jalur kereta api yang melintas gurun ini membentang sepanjang 2.712 km dan memungkinkan kecepatan kereta hingga 120 km per jam. Jalur kereta gurun ini memiliki 22 stasiun, dengan 6 di antaranya dapat melayani kereta kargo. Dikutip dari railfreight.com (16/6/2022), dengan pembukaan rute ini menjadikan untuk pertama kalinya jalur kereta api dapat melewati lingkaran penuh area di sekitar gurun.

Megaproyek ini dimulai pada Desember 2018, dan dibuka secara bertahap, yaitu dimulai dari Golmud-Korla seksi Ruoqiang-Korla, dan Korla-Kashgar dan Kashgar-Hotan dari jalur kereta api Xinjiang selatan.

Dari segi geografis, Gurun Taklimakan adalah yang terbesar kedua di dunia dan hanya sedikit lebih kecil dari luas wilayah Jerman. Lantaran dapat dilayani kereta berkecepatan tinggi, maka kereta api dapat menempuh seluruh rute dalam 11 jam 26 menit.

Penyelesaian jalur ini telah menghubungkan lima kabupaten dan kota-kota tertentu di Xinjiang selatan yang sebelumnya tidak dapat diakses dengan kereta api. Ini juga akan memfasilitasi pengangkutan makanan khas Xinjiang termasuk kapas, kenari, kurma merah, dan mineral ke bagian lain negara itu.

Pada saat yang sama, jalur kereta api baru dapat memfasilitasi transportasi ke pasar internasional. Wilayah ini adalah perhentian paling barat di jaringan ke barat. Dengan komitmen baru untuk menyelesaikan China-Kyrgyzstan-Uzbekistan (CKU), lingkaran gurun dapat menghubungkan kawasan itu dengan negara-negara Asia Tengah.

Baca juga: “Mauritania Railway,” Inilah Jalur Kereta Ekstrem yang Belah Gersangnya Gurun Sahara

China Railway menyebut ada lima jembatan dengan total panjang 49,7 km dapat mengangkat rel kereta api untuk melindunginya dari badai pasir. Sementara itu, total 50 juta meter persegi grid rumput telah diletakkan dan 13 juta pohon termasuk rose willow dan buckthorn laut telah ditanam.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru