Ciptakan Bandara Ramah Lingkungan, Bandara San Francisco Larang Penggunaan Botol Plastik Sekali Pakai

San Francisco International Airport. Sumber: istimewa

Gerakan go-green dengan mengerem penggunaan plastik sekali pakai di dunia belakangan ini sudah mulai digalakkan. Tidak hanya di Indonesia saja, di luar negeri pun tengah gencar menyuarakan kampanye yang bertujuan untuk melindungi lingkungan ini. Sebut saja di Bandara Internasional San Francisco yang mulai memberlakukan aturan larangan penggunaan botol plastik sekali pakai yang akan efektif tertanggal 20 Agustus mendatang.

Baca Juga: Tekan Limbah, Qantas Tahun Ini Stop Penggunaan Boarding Pass Berbahan Kertas

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman airport-technology.com (6/8), larangan ini diberlakukan pada semua botol air plastik sekali pakai yang ada di semua restoran, kafe, maupun mesin penjual otomatis yang ada di bandara berkode SFO tersebut. Sebagai gantinya, pengunjung akan dihimbau untuk membawa botol minumnya sendiri selama bepergian.

Tidak asal mengeluarkan regulasi begitu saja, pihak bandara SFO juga telah menyediakan lebih dari 100 stasiun pengisian air minum gratis di sejumlah titik di bandara.

“Dihimbau kepada seluruh pengguna bandara, baik vendor, penumpang, maupun bagian lain untuk tidak menggunakan, menyediakan, atau menjual minuman dalam botol plastik sekali pakai,” tulis pihak bandara dalam sebuah pernyataan.

“Sebagai gantinya, kami sudah menyediakan stasiun pengirian air minum gratis dan menjual botol-botol minuman yang dapat dipakai berkali-kali,” tambahnya.

Kendati menggunakan botol minuman yang dapat digunakan berkali-kali, itu tidak akan mengubah atau mengurangi cita rasa dari minuman yang Anda bawa – terkecuali Anda tidak pernah mencucinya hingga mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Walhasil, upaya bandara SFO untuk mengurangi limbah plastik ini disambut baik oleh berbagai kalangan – mulai dari pelancong yang perduli terhadap lingkungan hingga kelompok pemerhati lingkungan, Travel Without Plastic.

“Kami sangat menyambut baik niat dari bandara SFO yang mulai mengeliminasi penggunaan dari botol plastik sekali pakai,” ujar pihak Travel Without Plastic.

Baca Juga: Wujudkan Bandara Ramah Lingkungan, Bandara Dubai Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Sebelumnya, Bandara Internasional Dubai (DXB) telah terlebih dahulu menyuarakan kampanye ramah lingkungan ini. Bandara DXB berencana untuk melarang setiap orang untuk menggunakan sedotan plastik di kawasan bandara dan menggantinya dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. Tidak hanya sedotan, pihak bandara DXB juga telah melarang penggunaan dari kantong plastik hingga kertas yang menjadi salah satu penyebab utama dari pencemaran lingkungan.