City of Bryan Siap Rilis Moda Otonom Bertenaga Listrik Pada Pertengahan Oktober Mendatang!

Sumber: kagstv.com

Jika semisal belakangan ini Anda sering mendengar pemberitaan tentang produsen mobil otonom yang masih dalam tahap pengembangan, maka yang satu ini bisa dibilang selangkah berada di depan mereka. City of Bryan, sebuah kota kecil yang berada di Texas, Amerika Serikat ini direncanakan merilis moda otonom pada pertengahan bulan Oktober mendatang – hasil kerja samanya dengan Texas A&M Engineering Experiment Station. Tidak hanya satu, melainkan dua sekaligus!

Baca Juga: Jamin Keselamatan Pejalan Kaki, Jaguar Land Rover Uji Sensor Indikator di Moda Otonom

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman kagstv.com (19/9/2018), nantinya moda-moda otonom ini akan ‘melenggang’ di seputaran jalan-jalan utama di Downtown City of Bryan. “Kami berusaha untuk menyempurnakan teknologi yang digunakan untuk menyediakan jasa transportasi otonom,” ujar Walikota City of Bryan, Andrew Nelson.

Andrew juga mengatakan, hadirnya moda-moda otonom ini di jalan-jalan City of Bryan akan secara langsung menguji keselarasan antar moda di sana. “Dengan eksistensi dari sepeda, pejalan kaki, mobil konvensional, dan kereta api yang ada di City of Bryan, ini akan menguji keandalan dari moda otonom ini sendiri,” tandas Andrew.

Salah seorang pegawai di Historic Downtown Bryan, Gerard Richard menambahkan, “Hadirnya moda otonom ini akan menjadi peluang besar bagi siapa saj ayang hendak berinvestasi di Downtown Bryan,”

Sementara itu di sisi lain, pihak Texas A&M Engineering Experiment Station mengatakan langkah nyata yang mereka lakukan selama ini bukan tanpa tujuan, melainkan untuk secara perlahan memperkenalkan dan mengubah sistem transportasi di City of Bryan.

“Apa yang kami lakukan selama ini tidak hanya sebatas mengembangkan (moda otonom) saja, melainkan juga mendekatkan mereka di kehidupan sehari-hari di jalan-jalan Texas – dan kemitraan dengan City of Bryan ini merupakan salah satu tonggak penting dalam perkembangannya,” ujar kanselir Texas A&M Engineering Experiment Station, John Sharp.

“Selain warga bisa menggunakan moda otonom ini untuk berkeliling kota, mereka juga secara langsung telah membantu kami untuk pengembangan lebih lanjut – atau mungkin untuk mengatasi permasalahan yang mungkin muncul ketika beroperasi. Itu sangat berharga bagi kami,” tandasnya.

Untuk spesifikasi secara umum, moda otonom ini mampu mengangkut enam penumpang dan dua petugas cadangan semisal moda mengalami kerusakan ketika tengah beroperasi. Dari bentuknya sendiri, moda bertenaga listrik ini terlihat seperti golf-car – namun saja lebih panjang dan tertutup di semua sisinya.

Baca Juga: Kendati Futuristik, Namun Masih Banyak yang Meragukan Pod Otonom

Bentuknya yang unik juga bukan tanpa alasan, melainkan agar moda ini lebih mudah diidentifikasi oleh publik. Ada lima titik drop-off yang nantinya disediakan selama masa uji coba berdurasi 30 hari ini. Warga City of Bryan bisa naik dan turun dari kelima titik drop-off tersebut, mulai Senin hingga Jumat.

Moda otonom ini sendiri mulai beroperasi pada pukul 10.00 waktu setempat dan layanan berakhir pada pukul 16.00. Catat, moda ini hanya mengular dalam interval dua jam sekali, lho!