Dainese Luncurkan Rompi Pintar dengan Sistem Perlindungan Airbag

(newatlas.com)

Rompi keselamatan baru kini hadir tak hanya untuk pengguna sepeda tetapi pengendara motor juga bisa memilikinya. Rompi ini dilengkapi dengan sistem airbag baru yang memiliki perlindungan tujuh kali dibanding yang lainnya.

Baca juga: Kurangi Risiko Cedera Saat Terjatuh, Pengguna Sepeda Bisa Gunakan Rompi Airbag

KabarPenumpang.com melansir newatlas.com (26/6/2019), Dainese, perusahaan aksesoris motor asal Italia merilis teknologi airbag pada pengemudi sepeda motor, dimana sebuah rompi bisa di pakai di dalam sebelum atau diluar sesudah jaket dan pakaian pengemudi. Rompi ini merupakan smart jaket fleksibel yang tidak mengganggu.

(newatlas.com)

Rompi airbag ini memiliki baterai yang tahan 26 jam ketika mulai dinyalakan dan sensornya bisa mendeteksi masalah yang akan terjadi pada sepeda motor. Meski begitu, rompi ini tidak terhubung dengan sepeda motor dan menggunakan array tujuh sensor termasuk GPS, akselerometer dan giroskop untuk mendeteksi ketika berada dalam peselisihan.

Pihak Dainese mengatakan, rompi bisa mendeteksi masalah dari bagian bawah, atas, tabrakan di depan maupun dari belakang. Bahkan jika pengemudi berhenti di traffic light dan tertabrak dari belakang pun sensor akan cepat merespon rompi tersebut.

Saat sistem airbag diaktifkan dan terjadi benturan atau kecelakaan airbag akan menggembung dalam sekejap untuk melindungi area bagian belakang yang ada di atas bahu untuk menutupi dada pengendara. Desain rompi ini terlihat lebih nyaman karena tak berbeda jauh dengan rompi lainnya, anti air dan bisa digunakan di berbagai cuaca.

Sayangnya, untuk menjaga agar sensor tetap berjalan, Anda harus mengisi dayanya sekali setiap 26 jam penggunaan. Tetapi Anda juga dapat mengusi daya sembari jalan dengan koneksi USB port yang ada di sepeda motor.

Setelah kantung udara hilang, Anda dapat membawa rompi pintar ke dealer Dainese Anda, yang dapat menggunakan sistem kantung udara baru untuk Anda di tempat dan membuat kembali ke jalan. Smart jacket memang terlihat seperti langkah maju dalam hal keselamatan sepeda motor.

Baca juga: Singapura Majukan Jalur Pesepeda Selama 5 Tahun Kedepan

Harga rompi tersebut adalah US$699 yang cukup mahal dan tidak memiliki info tentang berapa biaya isi ulang airbag. Rompi airbag ini hadir dalam enam ukuran dan dirancang pas untuk pria dan wanita. Rencananya rompi canggih ini akan dipasarkan bulan depan.