Kurangi Risiko Cedera Saat Terjatuh, Pengguna Sepeda Bisa Gunakan Rompi Airbag

(Helite)

Tak hanya kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan airbag untuk melindungi pengemudi atau penumpang yang duduk didepan saat terjadi kecelakaan. Sebab sebentar lagi pengguna sepeda juga bisa aman dengan adanya rompi airbag yang baru-baru ini diluncurkan dan dipamerkan minggu lalu di CES (Consumer Electronic Show) 2019.

Baca juga: Bila Tak Cermat, Airbag Justru Bisa Membayakan Anda

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (15/1/2019), hadirnya rompi ini karena menurut perusahaan Perancis Helite, sekitar 40 persen cedera serius pengguna sepeda mengenai torkas dan 25 persen pada bagian tulang belakang. Sehingga dengan adanya ini perusahaan teknolgi airbag tersebut membuat B’Safe yang adalah sebuah rompi sepeda dan akan mengembang saat penegndara sepeda terjatuh atau mengalami kecelakaan.

B’Safe sendiri memiliki dua bagian dimana rompi ini sendiri dan unit elektronik terpisah yang dipasang di bawah sadel. Dari keduanya ini akan mendapat respon dua jenis kecelakaan utama pada pengendara sepeda. Kasus kecelakan disebabkan oleh dampak sepeda, accelerator di sadel yang mendeteksi kejutan tiba-tiba.

Hal ini menyebabkan unit secara nirkabel memperingatkan sensor gerak di rompi. Jika sensor tersebut mendeteksi bahwa pengendara terjatuh dari sepedanya, itu menyebabkan kartrid CO2 yang dapat diganti pengguna langsung mengembang airbag rompi. Seluruh proses, dari deteksi hingga inflasi penuh, dilaporkan hanya memakan waktu 80 milidetik.

Dalam insiden non benturan seperti jika sepeda menabrak di bawah kondisi yang licin, sensor gerak rompi masih mendeteksi perubahan orientasi pengendara secara tiba-tiba, menyebabkan airbag mengembang. Sistem dihidupkan hanya dengan mengancingkan rompi ke atas dan untuk mematikannya pengguna hanya perlu membuka ritsleting.

Satu muatan USB dari baterai rompi seharusnya baik untuk penggunaan selama tujuh hari, sedangkan unit sadel harus dapat beroperasi selama lima tahun dengan satu baterai. Seorang perwakilan perusahaan mengatakan bahwa B’Safe akan tersedia pada Musim Semi ini di Eropa dan AS, dengan harga US$700 atau sekitar Rp9,8 juta.

Baca juga: 30 Tahun Airbag Hadir Untuk Keselamatan Dunia Otomotif

Helite, kebetulan, sebelumnya telah mengembangkan sistem airbag yang dapat dikenakan untuk melindungi pemain ski menuruni bukit dan manula dari cedera akibat jatuh. Selain itu, perusahaan Swedia Hövding sudah menawarkan perangkat yang dikenakan di leher yang secara otomatis mengembang menjadi helm ketika kecelakaan bersepeda terdeteksi.