Dalam Dua Hari, Tiga Kondektur Kereta di India Diserang Penumpang Tak Bertiket

0

Seorang pemeriksa tiket (kondektur) di Stasiun Badra menderita cedera setelah diduga didorong seorang penumpang yang tiba di stasiun tanpa tiket. Insiden yang menimpa Vivek Kumar Rai tersebut sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat ketika dirinya bertugas di peron dan tengah memeriksa tiket penumpang yang baru tiba di Stasiun Badra.

Baca juga: Ikuti Jejak Indonesia, Peraturan Penumpang di Kereta India Dipertegas, Ribuan Orang Terkena Sanksi

Saat dirinya bertugas, ternyata satu penumpang tak memiliki tiket dan Rai mengantarkannya ke Railway Protection Force (RPF) untuk penanganan.

“Menurut pemeriksa tiket, penumpang itu memanggil ayahnya yang diduga polisi ketika Rai meminta dirinya membayar denda. Penumpang itu kemudian mendorong petugas dan Rai terjatuh yang menyebabkan luka-luka di kepala dan tangannya. Pelaku juga melompat ke rel dan melarikan diri,” ujar Government Railway Police (GRP).

Karena insiden ini kepala Rai yang berdarah tersebut diberi pertolongan pertama di stasiun dan kemudian dikirim ke Rumah Sakit Jagjivan Ram untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

“Kami telah mendaftarkan sebuah kasus, tetapi kami masih berusaha untuk memastikan identitas penumpang karena area di mana insiden terjadi tidak masuk dalam kamera CCTV,” ujar Inspektur Senior GRP Badra yang dikutip KabarPenumpang.com dari indianexpress.com (25/11/2019).

Bahkan dihari yang sama, seorang petugas pemeriksa tiket di Stasiun King’s Circle di pinggiran Central Railway pun diserang oleh penumpang yang tidak memiliki tiket dan jatuh ke rel. Tak hanya itu hari berikutnya, seorang petugas pemeriksa tiket juga di serang di Stasiun Ambernath yang terletak 55 km dari distrik Thane dan penumpang telah ditangkap.

Petugas wanita bernama Namrata Shendge meminta penumpang yang teridentifikasi sebagai Minal Ghule untuk memberikan tiketnya. Namun karena tidak memiliki tiket dia diduga memukul petugas dan juga memukul kepala polisi GRP Ambernath, Anita Kamble ketika mencoba untuk mengamankan pelaku.

Baca juga: Indian Railway Hadirkan Kereta Promosi, Berpenumpang Bintang Bollywood

Insiden ini terekam CCTV dan GRP Kalyan mendafrtarkan FIR dan kemudian menangkap Ghule. Prihatin dengan serangan berulang terhadap para pemeriksa tiket, Kereta Api Pusat Mazdoor Sangh, salah satu serikat buruh terkemuka, telah memperingatkan protes diam-diam di luar kantor Manajer Kereta Api Divisi di Terminal Chhatrapati Shivaji Maharaj di sini pada hari Jumat.

Leave a Reply