Indian Railway Hadirkan Kereta Promosi, Berpenumpang Bintang Bollywood

The Housefull 4 cast pose for a group picture (livemint.com)

Ide unik baru-baru ini dihadirkan oleh Indian Railway untuk meningkatkan pendapatan, yaitu dengan menghadirkan kereta khusus yang ditumpangi bintang film di dalam gerbongnya. Kehadiran kereta khusus ini diizinkan dipesan secara komersial untuk kegiatan promosi baik seni, budaya, bioskop, televisi, olahraga dan lainnya.

Baca juga: Tejas Express, Kereta Api India Pertama yang Akan Dioperasikan Swasta

KabarPenumpang.com melansir dari laman livemint.com (16/10/2019), The Indian Railway Catering dan Tourism Corporation (IRCTC) telah ditunjuk menjadi operator kereta tersebut, bahkan baru-baru ini IRCTC bekerja sama dengan Western Railway untuk berkoordinasi untuk membawa Akshay Kumar yang menjadi bintang utama Housefull 4 beserta artis lain, meninggalkan Stasiun Mumbai Central pada Rabu ini dan tiba di New Delhi Kamis (17/10/2019).

Kereta ini akan menarik delapan gerbong. Menurut keterangan tertulis yang dikeluarkan oleh Kepala Humas Western Railway, Ravinder Bhakar, kereta tersebut akan melewati beberapa negara bagian dan distrik-distrik penting seperti Surat, Vadodara dan Kota.

“Di bawah prakarsa ini, perkeretaapian telah mendekati banyak rumah produksi besar dengan film-film yang akan hadir untuk menggunakan kereta Full Tariff Rates (FTR) dan memfasilitasi dalam publisitas artis dan promosi film,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Nantinya pada kereta khusus ini, IRCTC akan menghadirkan hal-hal menarik dan tematik untuk kegiatan promosi, ditambah kereta tersebut akan merambah berbagai negara bagian dan distrik.

Pada Selasa (15/10/2019), Menteri Kereta Api Piyush Goyal menandai sembilan kereta ‘Sewa Layanan’ yang menghubungkan kota-kota kecil ke kota-kota besar. Goyal mengatakan sembilan kereta “Sewa Layanan” diluncurkan tanpa investasi tambahan dan itu merupakan contoh bagaimana menggunakan sumber daya secara maksimal.

Baca juga: India Operasikan DEMU untuk Layani Jalur Kereta Terpendek

Dari sembilan kereta ‘Sewa Layanan’, yang akan mengular dari Delhi dan Shamli, Bhubaneswar dan kota Nayagarh, Murkongselek dan Dibrugarh dan Coimbatore dan Palani akan berjalan setiap hari. Sedangkan kereta lainnya dari Vadnagar ke Mehsana, Asarya ke Himmatnagar, Karur ke Salem, Yesvantpur ke Tumkur dan Coimbatore ke Pollachi akan beroperasi enam hari seminggu.