Damri Camper Site Resort, Hotel Unik dari Bus Tua

Hotel Damri Camper Site Resort (Wartakota)

Kemana sih bus-bus Damri tua yang sudah tak lagi dipakai? Apakah menjadi bus rongsok atau potongan-potongan ditempat loak bersama besi bekas lainnya? Ternyata tidak semua seperti itu, Perum Damri akan menggunakan bus-bus tak terpakai menjadi sebuah hotel.

Baca juga: Hotel Bergaya Klasik Modern dalam Wujud Bus Tingkat Vintage

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, ada 70 unit bus lama yang akan menjadi hotel dan ditempatkan di Tanjung Kalayang, Belitung. Hotel-hotel dari bus tua ini akan bernama Damri Camper Site Resort.

Direktur Utama Perum Damri, Setia N Milatia Moemin mengatakan, tahun 2019 sasaran utama Damri bukan hanya transportasi, melainkan optimalisasi aset. Dimana bus yang berubah menjadi hotel adalah perpanjangan life cycle. Tia menjelaskan, alasan Damri mengubah bus menjadi hotel dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk membangun kamar hotel dari sebuah bus lebih efisien.

“Untuk membuat bus yang besar sekitar Rp300 juta. Lebih murah dibanding buat kamar hotel, biasanya untuk bintang empat sekitar Rp500 jutaan. Tetapi yang mahal ada di pertamanannya, landscape, dapurnya, ternyata mahal,” jelas Tia.

Di pool Damri Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah ada dua bus yang disulap menjadi ruangan sebuah kamar hotel. Bus ukuran sedang memiliki fasilitas kasur bertingkat dengan kursi dan meja, ruangan ber-AC yang dilengkapi juga stop kontak serta lemari pakaian. Bus ini hanya memiliki satu ruangan yang bisa diisi dua orang.

Bus yang lebih besar memiliki satu kasur ukuran besar untuk dua orang dan terletak di bagian belakang. Ada rak kecil tempat penyimpanan, dibagian lainnya ada dua kasur single dengan jendela besar yang menghiasi sisi kiri dan kanannya. Bagian ketiga menjadi ruangan yang berisikan lemari pakaian dan rak, stop kontak, kulkas, televisi ukuran besar dan kursi yang empuk.

Setiap bus dilengkapi dengan kanopi khusus agar tamu bus hotel bisa bersantai dengan nyaman dan tidak kepanasan atau kehujanan. Tak hanya di Belitung, rencananya bus-bus hotel ini juga akan tersebar di beberapa destinasi wisata di Indonesia seperti Silangit.

Baca juga: Setelah Pesawat dan Kereta, Kini Giliran Bus Tingkat yang’ Disulap’ Jadi Hotel

Meski bukan menggunakan bus baru, Damri menjamin keawetan setiap unit yang disediakan. Sebab bus yang digunakan dipilih berdasarkan rangka dan bodi yang kokoh sebelum akhirnya menjadi sebuah hotel unik.

“Ini agar optimal semua. Jadi sampai titik darah terakhir semuanya dimanfaatkan. Tetapi hotel ini nantinya tidak akan ada dioperasikan oleh Perum Damri, melainkan oleh mitra perusahaan BUMN yang memang fokus melayani jasa perhotelan,” ungkap Tia.