Dapat Pesanan 86 Pesawat A321neo dari Scoot dan United Airlines, Airbus Keluar dari Krisis?

0
Airbus A321neo Scoot. Foto: Airbus

Airbus akhirnya bisa bernapas lega setelah mendapat tambahan pesanan pesawat dari berbagai pihak. Terbaru, Scoot dan United Airlines masuk dalam daftar portofolio baru perusahaan sebagai pengguna A321neo. Keduanya diketahui memesan total 86 pesawat; dengan rincian 70 pesanan datang dari United Airlines dan sisanya dari Scoot.

Baca juga: Merpati Airlines Bakal Kembali Terbang Pakai Airbus A320/A321Neo, Tak Jadi Pakai MC-21?

“Pesanan yang signifikan dari maskapai besar seperti United menggarisbawahi bahwa A321neo menawarkan kemampuan yang tak tertandingi, lebih ekonomis, dan ramah terhadap penumpang,” kata Christian Scherer, Chief Commercial Officer dan Head of International Airbus, melalui siaran pers yang diterima KabarPenumpang.com.

“Tidak ada pesawat lain yang dapat melakukan apa yang dapat dilakukan A321neo, dan tim Airbus sangat bersyukur dengan penegasan kuat United atas status premiumnya. A321neo akan melengkapi pesawat A321XLR United Airlines masa depan, bersama-sama menciptakan segmen istimewa tersendiri,” lanjutnya.

Disebutkan, Airbus A321neo, yang memiliki 95 persen kesamaan badan pesawat dengan Keluarga A320, menjadi pesawat yang paling ramah lingkungan di kelasnya. Itu berkat emisi CO₂ per kursi pesawat menjadi yang terendah di dunia (di kelasnya).

Mengingat banyak maskapai di dunia yang sudah menyongsong bebas emisi CO₂ pada 2050 mendatang, sejalan dengan Regulator Penerbangan Eropa dan Amerika Serikat serta IATA dan ICAO, tentu A321neo menjadi pesawat paling menarik saat ini.

Dari segi interior, pesawat yang mengusung mesin Pratt & Whitney PW1100G dan memiliki 236 kursi dalam kondifgurasi satu kelas itu, juga dirancang berdasarkan settingan Airbus Cabin Flex untuk optimalisasi kabin serta disematkan pula konsep desain kabin Airspace Airbus.

Desain ini bukan hanya menonjolkan keindahan kabin berkat permainan cahaya LED saja, melainkan juga mengusung setidaknya empat DNA Airspace Airbus; kenyamanan (ruang relaksasi), suasana (ruang inspirasi), layanan (ruang keluarga), dan desain (ruang keindahan).

Masing-masing dari empat DNA tersebut mempunyai detail tersendiri. Suasana (Ambience), menampilkan kabin yang senyap, kaya pencahayaan, dan sambutan lampu LED yang menakjubkan saat memasuki pesawat. Kenyamanan (comfort), menawarkan ruang kabin dan jendela yang lebih besar, kompartemen bagasi yang terbesar di kelasnya, dan kursi fleksibel untuk jarak jauh.

Lanjut ke layanan (services), Airbus menawarkan smart space solution, kabin bersih (termasuk di toilet sekalipun), seemless connectivity and entertainment. Adapun ke desain (design), Airbus mengusung konsep desain berkelanjutan, desain berkualitas, dan desain ramah keluarga.

Baca juga: Di Paris AirShow 2019 Airbus Perkenalkan A321XLR, Apa Saja Keunggulannya?

Pesanan pesawat dari Scoot dan United Airlines, termasuk 7.400 pesanan pesawat Keluarga A320neo dari 121 customer di seluruh dunia pada Mei 2021 lalu, tentu menjadi berkah tersendiri bagi Airbus mengingat manufaktur pesawat asal Eropa itu sempat berdarah-darah sepanjang tahun lalu. Imbasnya, ribuan karyawan pun terpaksa di-PHK Airbus.

Kendati tak ada laporan pasti yang menyebut dampak dari pesanan tersebut, tetapi, itu diyakini amat menolong kinerja keuangan Airbus setelah mengarungi tahun tersulit akibat pandemi virus Corona sepanjang perusahaan berdiri.