Dear Airbus Lovers, Kursi A380 Bekas Singapore Airlines Dijual Satuan Loh, Berminat?

0
Airbus A380 milik Singapore Airlines. Sumber: NDTV.com

Bagi avgeek, dalam hal ini pencinta Airbus A380, mungkin pesawat tersebut adalah segala-galanya. Apalagi pesawat komersial terbesar di dunia tersebut saat ini sudah stop produksi dan banyak di antaranya yang sudah dipensiunkan. Tentu semakin menambah prestisiusitas pesawat tersebut, bukan?

Baca juga: Percaya atau Tidak? Airbus A380 Dijual Rp415 Ribu!

Usai dipensiunkan, umumnya pesawat bakal dibuang ke kuburan pesawat di Gurun Mojave, sebagian lagi didaur ulang dan dibuat jadi barang berharga. Hal itu dikarenakan pesawat dibuat dari 60 persen alumunium, 15 persen baja, 10 persen logam berharga mahal seperti titanium.

Selain itu, bagian per bagian, semisal kursi pesawat, juga tak jarang dijual eceran, seperti yang terjadi pada pesawat A380 Singapore Airlines.

Setelah dijual di dalam negeri, maskapai tersebut diketahui membuka peluang untuk mereka yang berada di luar negeri. Baru-baru ini, perusahaan Jepang yang berbasis di Prefektur Chiba terang-terangan menjual kursi kelas bisnis A380 untuk pertama kalinya di luar Singapura.

Sayangnya, tak disebutkan dengan jelas berapa harga, termasuk ongkos kirimnya untuk bisa sampai ke rumah. Sudah begitu, stok yang tersedia juga tak diketahui berapa banyak. Kendati demikian, Airbus lovers di seluruh dunia dipercaya sudah mengambil ancang-ancang untuk mendapatkan dan membawanya pulang, untuk ditempatkan di rumah.

Ini tentu mengingatkan kita pada armada A380 Singapore Airlines lainnya. Pada Februari 2020 lalu, situs aviationtag.com, perusahaan yang berbasis di Cologne, Jerman, untuk pertama kalinya menjual gantungan kunci yang berasal dari badan pesawat Airbus A380 Singapore Airlines yang sudah purna tugas.

Ketika itu, gantungan kunci dari bekas badan pesawat A380 Singapore Airlines tersebut laris diburu pelanggan. Selain memang harganya yang terjangkau, Rp415.000 atau €27.95, status sebagai pesawat fenomenal yang tak lagi diproduksi membuat banyak avgeek berebut untuk memilikinya sebelum benar-benar hilang dari muka bumi.

Baca juga: Gegara AS, Iran Air Batal Datangkan Airbus A380

Singapore Airlines sendiri memiliki 19 Airbus A380 dan akan mempensiunkan tujuh di antaranya. Bila tak ada aral melintang, armada A380 SIA dijadwalkan kembali terbang pada bulan ini.

Menurut OAG, yang dikutip Simple Flying, Singapore Airlines memiliki 1.729 penerbangan pulang pergi yang dijadwalkan bersama A380 sepanjang tahun 2021. Ini menjadikannya sebagai maskapai ketiga terbesar di dunia yang menjadwalkan penerbangan A380, di belakang raksasa pemilik A380, Emirates, mencapai 15.544 penerbangan dan Korean Airlines yang menjadwalkan 1.751 penerbangan PP.