Demand Melonjak, Garuda Indonesia Tambah Jadwal Penerbangan Denpasar-Melbourne

Senior Manager Public Relations Garuda, Ikhsan Rosan (KabarPenumpang.com)

Bagi Garuda Indonesia, penerbangan ke Australia tergolong rute ‘gemuk,’ dengan pemberangkatan dari Jakarta dan Denpasar, kini maskapai kebanggaan nasional tersebut telah melayani rute ke tiga kota besar di Australia, yakni Sydney, Perth dan Melbourne. Dan yang disebut terakhir, penerbangan dari dan ke Melbourne yang dikenal sebagai kota pelajar di Negara Bagian Victoria, mengalami lonjakan permintaan, khususnya pada rute Denpasar – Melbourne.

Baca juga: Ternyata 40% Turis Australia ke Bali Terbang Dengan JetStar

Merespon deman yang terus meningkat, Garuda Indonesia berencana menambah jadwal penerbangannya ke Australia tepatnya ke bandara di Melbourne yang tadinya hanya tujuh kali menjadi delapan kali dalam seminggu. Senior Manager Public Relations Garuda, Ikhsan Rosan mengatakan kepada KabarPenumpang.com (17/10), penerbangan dengan tambahan frekuensi ini akan dimulai pada 15 Desember 2017 mendatang. Penambahan jadwal atau frekuensi penerbangan tersebut dikarenakan adanya permintaan dari pelanggan dan juga komitmen Garuda Indonesia untuk mengembangkan serta meningkatkan industri pariwisata Indonesia.

Australia merupakan salah satu target utama wisatawan dari Kementerian Pariwisata. Sebab enam puluh persen turis Australia merupakan wisatawan berulang alias yang sering mondar-mandir Australia – Indonesia, apalagi Bali satu tempat tujuan favorit para turis Australia ini.

Selain itu, adanya konektivitas udara ini menjadi salah satu dari tiga program utama kementerian dalam pertemuan koordinasi nasional selain homestay wisata dan homestay desa. Sebab 80 persen wisatawan mancanegara datang ke Indonesia menggunakan pesawat terbang, sehingga ketersediaan tempat duduk menjadi satu kunci untuk mencapai target jumlah wisatawan mancanegara tahun 2017 dan 2019.

Baca juga: Douglas DC-8: Lambang Supremasi Penerbangan Jarak Jauh Garuda Indonesia di Era 60/70-an

Ikhsan mengatakan, dirinya tidak tahu pasti hari apa yang ada penerbangan dua kali dalam sehari dari Denpasar menuju Melbourne tersebut. Dia menambahkan, selain dari Denpasar sebenarnya Jakarta juga memiliki rute langsung menuju Melbourne. Penerbangan menjadi delapan kali seminggu dengan tambahan jadwal penerbangan ini akan berlangsung di hari Jumat. Jadwal keberangkatan tambahannya yakni pukul 09.00 waktu Bali dan tiba di pukul 04.35 waktu Melbourne. Sedangkan untuk perjalan kembali dari Melbourne akan berangkat pukul 06.00 sore waktu setempat dan tiba pukul 10.10 waktu Bali.