Di 2027, Jepang Hadirkan Kereta Cepat Maglev Tokyo-Nagoya

0
(cnet.com)

Cina punya kereta Maglev yang menghubungkan Shanghai dan bandara dengan kecepatan 268 mph atau 431 km per jam. Tak mau ketinggalan, Jepang sebagai pemimpin dunia dalam teknologi kereta cepat juga akan membuka Maglev-nya sendiri dari Tokyo ke Nagoya sepanjang 354 km pada tahun 2027 mendatang.

Baca juga: Cina Canangkan Kereta Cepat Maglev dengan Kecepatan 800 Kilometer Per Jam!

KabarPenumpang.com dari cnet.com (17/8/2019), Jepang sudah membangun trek dan sudah menguji Maglev milik mereka selama beberapa dekade. Salah satu prototipe Maglev yakni MLX01 menjadi penghuni dari museum kereta JR Central di Nagoya.

(cnet.com)

Museum ini disebut SC Maglev dan Railway Park yang didalamnya berisi beberapa generasi kereta peluru dan model yang lebih tua dari sejarah panjang perjalanan kereta api Jepang. MLX01 seperti kereta yang ditarik agar terlihat super aerodinamis, bahkan didalamnya seperti pesawat.

Jendela dan kursi juga melengkapinya tetapi MLX01 hanyalah sebuah prototipe. Apalagi ketika memasuki produksi dalam beberapa tahun, bisa diasumsikan bahwa kursi akan senyaman kabin Shinkansen yang merupakan kereta peluru ikonik Jepang.

Sayangnya prototipe ini memiliki panel berbentuk kotak yang berada di samping, namun itu bukanlah penutup roda dan bogie, melainkan tempat magnet berada. Kabarnya Maglev ini akan berjalan dengan kecepatan yang diharapkan adalah 315 mph atau 505 km per jam yang kira-kira 50 persen lebih cepat dari semua kereta layanan berkecepatan tinggi dimanapun.

Sebelum Shinkansen pertama kali diluncurkan tahun 60-an, hampir tujuh jam perjalanan dari Tokyo ke Osaka dengan kereta api. Shinkansen sendiri mampu melakukan perjalanan dalam waktu kurang dari separuh waktu awal. Setelah perbakan beberapa dekade, saat ini hanya kurang dari 2,5 jam perjalanan.

Maglev sendiri tidak hanya 50 persen lebih cepat dari Shinkansen, tetapi juga akan mengambil rute baru hampir seluruhnya melalui terowongan. Bahkan diharapkan kereta ini hanya akan ditempuh lebih dari satu jam.

Baca juga: Mengenal Moda Berbasis Levitasi Magnetik (Maglev)? Ini Dia Serba-Serbinya!

Maglev merupakan kereta yang melayang di atas lintasan dengan menggunakan elektromagnet dengan kecepatan pesawat. Kereta ini menggunakan elektromagnet superkonduktor dimana kereta melayang sedikit di atas trek, tidak ada roda ataupun rel.

Leave a Reply