Saturday, August 13, 2022
HomeBandaraDi Bandara AS, Boarding Pass dan KTP ‘Haram’ Saat Lewati Boarding Gate

Di Bandara AS, Boarding Pass dan KTP ‘Haram’ Saat Lewati Boarding Gate

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, banyak bandara yang masih menerapkan standar yang membuat penumpang rumit atau kerepotan. Salah satunya membawa dan menunjukkan boarding pass yang sudah dicetak beserta kartu identitas. Namun, di 176 bandara di Amerika Serikat (AS), penumpang tidak perlu lagi menunjukkan boarding pass.

Baca juga: Inilah CLEAR, Teknologi Baru di Bandara: Penumpang Tak Perlu Keluarkan KTP atau Paspor!

Inovasi ini tak lepas dari keterlibatan pemindai teknologi otentikasi kredensial atau credential authentication technology (CAT) scanner.

Berkat teknologi ini diprogram untuk secara otomatis mencocokkan nomor induk kependudukan (NIK), nama, tempat tanggal lahir, dengan manifes penumpang yang terhubung ke database Secure Flight secara real time. Dengan begitu, penumpang bisa melewati boarding gate tanpa menunjukkan boarding pass dan KTP atau paspor.

“Tidak perlu boarding pass saat ini karena database Secure Flight berisi nama dan detail penerbangan untuk orang yang ditiket untuk melakukan perjalanan dalam 24 jam ke depan,” kata Lorie Dankers, juru bicara TSA, dalam keterangannya baru-baru ini kepada CN Traveler.

Meski begitu, itu tidak serta merta melewati boarding gate begitu saja. Penumpang masih perlu menyerahkan kartu identitas mereka ke petugas TSA atau memasukkan sendiri melalui KiosK, tergantung di bandara. Sejauh ini, teknologi tersebut sudah tersedia di 176 bandara.

Di AS, teknologi tersebut memang sudah banyak digunakan. Hanya saja itu dikerjakan oleh banyak vendor swasta sehingga teknisnya berbeda-beda, sekalipun rumpun teknologinya sama.

Di Bandara Internasional Palm Beach (PBI), Florida, misalnya, di sini lebih dari sekedar tidak menunjukkan kartu identitas dan boarding pass saat di borading gate. Lebih dari itu, berkat teknologi CLEAR, sejenis dengan teknologi otentikasi, penumpang juga bisa melewati bukan hanya boarding gate melainkan juga security check dan lainnya tanpa perlu mengeluarkan KTP atau paspor.

Setelah terdaftar dan tiba di bandara, penumpang cukup mendatangi gerai CLEAR di berbagai concourse di Bandara Palm Beach, sebelum security checkpoint.

Baca juga: Vision-Box Hadirkan Teknologi Identitas Digital dengan Biometrik Canggih di Bandara

Cara menggunakannya juga simpel, penumpang hanya perlu berdiri di depan perangkat CLEAR dengan jarak sekitar satu meter dan teknologi biometrik pada CLEAR akan membaca data diri penumpang melalui mata dan sidik jari sehingga tak lagi perlu mengeluarkan KTP atau paspor saat skrining keamanan.

Hal ini dipercaya dapat mempercepat proses skrining keamanan bagi penumpang yang menggunakan layanan tersebut. Dengan begitu, kepadatan akan terurai sekalipun traffic sedang meningkat tajam saat liburan musim panas.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru