Di Ghana, DC-10 Eks Ghana Airways Beralih Fungsi Menjadi Restoran Bintang Lima

Sumber: askthepilot.com

Mungkin sebagian dari Anda masih ingat dengan seorang wanita cantik bernama Amber Scott yang mengubah Convair CV-440 Metropolitan milik Air Atlantique menjadi sebuah salon mewah. Atau mungkin sebuah Boeing 737 yang terletak sekitar 5 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang rencananya hendak dijadikan sebuah restoran mewah bernuansa unik, namun kandas begitu saja. Di sekitar kita, ternyata ada banyak orang kreatif yang lalu mentransformasikan sebuah moda transportasi sehingga memiliki fungsi baru.

Baca Juga: Wanita Pirang Ini Sulap Convair CV-440 Jadi Sebuah Salon Mewah!

Di Accra, Ghana, terdapat sebuah DC-10 yang disulap menjadi sebuah restoran unik yang diberi nama La Tante DC-10 Restaurant. Lokasi dari restoran ini sendiri berada di luar Bandara Internasional Kotoka, Ghana. Sebelum ditransformasikan menjadi sebuah restoran, armada DC-10 ini dulunya merupakan bagian dari Ghana Airways. Namun karena sudah termakan usia dan perkembangan pesat di sektor aviasi global, akhirnya pihak Ghana Airways meninggalkannya begitu saja – dengan kondisi mesin yang dicopot dan cat yang sudah mulai pudar akibat cuaca.

Sumber: askthepilot.com

Dirasa pesawat ini masih bisa dialihfungsikan, maka pada tahun 2013 yang lalu, Vindira Company memutuskan untuk membelinya dan memoles ulang pesawat usang ini. Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman askthepilot.com, La Tante DC-10 Restaurant ini mampu menampung 118 pengunjung dan memiliki warna yang cukup unik pula – hijau karena mengikuti permintaan dari pihak sponsor, merk beer lokal di Ghana.

Sumber: askthepilot.com

Ruang makan utama di La Tante DC-10 Restaurant menggunakan ruang yang dulunya digunakan sebagai kabin Economy Class. Untuk segi penganannya, restoran ini menyajikan beragam makanan khas Ghana dengan banderol harga yang cukup ramah dompet. Agar nuansa pesawatnya tetap kental, pramusaji di La Tante DC-10 Restaurant mengenakan seragam khas pramugari – lengkap dengan keramah-tamahannya serta senyum yang tidak pernah pudar.

Baca Juga: Ada Sosok Boeing 737 Misterius di Bali, Kini Jadi Obyek Foto Favorit Para Pelancong

Jika Anda tidak ingin menyantap makanan berat, Anda bisa bersantai di lounge yang terletak di bagian depan pesawat – dulunya digunakan sebagai kabin First Class. Namun berdasarkan perkembangan terakhirnya, La Tante DC-10 Restaurant sudah kehilangan sponsornya dan kini tubuh si mantan armada Ghana Airways ini berubah warna menjadi putih.