Di India, Suzuki Ertiga Hadir Dalam ‘Setelan’ Taksi Lho!

Suzuki Ertiga Tour M. Sumber: Autocar India

Setelah beberapa waktu yang lalu sempat beredar sentilan-sentilun tentang kelas Honda Mobilio yang turun akibat digunakan menjadi armada taksi, kini kabar mengejutkan lain datang dari produsen otomotif asal Jepang lainnya, Suzuki, dimana baru-baru ini produsen otomotif yang bermarkas di Hamamatsu, Prefektur Shizouka memperkenalkan Ertiga varian terbaru di India. Usut punya usut, kendaraan yang bernama Suzuki Ertiga Tour M ini akan ditargetkan untuk menjadi armada taksi. Nah lho, apakah kasusnya akan sama seperti Honda Mobilio lagi?

Baca Juga: Bus Kota di Chennai, Potret Buruk Transportasi di India

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, pasar taksi di India terus mengalami perkembangan dan hal tersebut berdampak pada pencarian dari para perusahaan taksi terhadap mobil yang harganya ramah di kocek namun mudah untuk dirawat dan murah untuk dioperasikan. Dengan spesifikasi yang dijabarkan di atas, pihak Suzuki India menilai bahwa Ertiga cocok dengan persyaratan tersebut dan memutuskan untuk menghadirkannya dalam versi khusus taksi.

Kendati Ertiga Tour M dirancang untuk kebutuhan taksi seperti yang sudah dijabarkan di atas, tapi itu bukan berarti ada komponen yang diubah darinya – sebut saja mobil ini tetap dilengkapi dengan bohlam halogen sebagai lampu depan proyektor, grille krom, gagang pintu, dan bemper sewarna bodi, cover kaca spion, serta pelek dengan dop.

Selain itu, mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur power steering, power window pada bagian depan dan belakang, electric mirror, remote kunci, dua unit airbag pada bagian depan, sistem pengereman ABS dan EBD, pengingat sabuk keselamatan, sensor parkir belakang, dan speed limiter. Melihat dari fiturnya, nampaknya pihak Suzuki India sudah paham betul dengan kriteria yang dibutuhkan untuk mobil sekelas taksi.

Mengutip dari laman drivespark.com (1/6/2019), Suzuki Ertiga Tour M ini menggunakan mesin yang sama dengan varian lain, namun rumornya, model yang disasar untuk pembeli borongan (fleet) dan taksi ini akan menggunakan bahan bakar gas yang tengah naik daun di India.

Baca Juga: Jajal Tuk Tuk, “Bajaj” dengan Argometer di Bangalore, India

Jika ditanya apakah Suzuki Ertiga Tour M ini bisa merangsek ke pasar Indonesia, tentu saja jawabannya masih belum dapat dipastikan – bisa iya, bisa juga tidak. Pasalnya, Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra menjelaskan bahwa fungsi dari mobil ini ditujukan untuk mobil keluarga, bukan sebagai taksi.

“Jadi kalau kami, menurut Suzuki, pada saat kami membuat produk untuk jadi taksi, lebih banyak negatifnya,” ucap Donny, dikutip dari laman kompas.com (28/5/2018).

Namun, pernyataan tersebut dirilis pada tahun lalu, mungkin di tahun 2019 ini pihak SIS akan berubah pikiran dan akan membuntuti jejak dari Suzuki India.