Didanai Uni Eropa, Volvo dan Ericsson Berkolaborasi dalam Proyek 5GCroCo

0
Volvo dan Ericson serah terima jaringan 5G

Jaringan mobile broadband 5G mulai digunakan di berbagai belahan dunia. Bukan hanya digunakan pada jaringan seluler tetapi juga dimanfaatkan untuk mendukung performa pada kendaraan, dimana kehadiran jaringan 5G membuktikan kontiunitas layanan pada kendaraan.

Baca juga: Nissan Hadirkan Jaringan 5G, Teknologi AR dan VR Untuk Penumpang Mini Bus

Seperti belum lama ini Volvo Cars dan  vendor jaringan Ericsson, keduanya telah membuktikan adanya kontiunitas layanan tanpa batas atau lintas batas untuk kendaraan di jaringan 5G dan konferensi armada yang akan terhubung secara langsung pada 30 September 2021.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman fleeteurope.com, terhubungnya dua perusahaan asal Swedia tersebut akan membuat turuna  inovasi dan layanan guna mendukung proyek 5GCroCo yang didanai Uni Eropa.

Proyek 5GCroCo pengujiannya akan dilakukan di jalur uji AstaZero di Swedia. Bisa dikatakan ini adalah kabar baik untuk implementasi teknologi lintas batas yang penting dan memungkinkan pengalaman berkendara berkelanjutan antara jaringan nasional saat kendaraan yang terhubung dan tanpa pengemudi melintas dari satu negara ke negara lain.

Baca juga: Adopsi Vehicle-to-x, Bus Otonom Telkomsel 5G Ramaikan Asian Games 2018

Proyek 5GCroCro adalah inisiatif Uni Eropa yang mempersiapkan uji coba mobil terhubung skala besar di sepanjang koridor 5G antara Metz di Perancis, Merzig di Jerman dan Luksemburg. Uji coba juga menggunakan konektivitas 5G untuk memastikan peta terus diperbarui dengan informasi real time atau secara langsung terhubung untuk membantu kendali otonom di masa depan.