Dihantam Bird Strike, Hidung Airbus A380 Singapore Airlines Berlumuran Darah

0
(AsiaOne)

Salah satu momok menakutkan yang dapat menimbulkan bencana di sektor aviasi global, bird strike kembali menyerang salah satu maskapai terbaik di dunia versi Skytrax, Singapore Airlines. Dikabarkan, maskapai ini terkena serangan dari burung-burung ketika melakoni perjalanan menuju Paris pada Kamis (11/7) lalu. Beruntung, semua penumpang dan awak pesawat yang berada di dalamnya selamat – namun tidak bagi burung-burung malang tersebut.

Baca Juga: Bird Strike Paksa AirAsia QZ104 ‘Return to Base’ di Bandara Kualanamu

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman straitstimes.com (15/7), Singapore Airines dengan nomor penerbangan SQ336 awalnya beroperasi secara normal, mulai dari proses boarding, taxi, take-off, hingga mengudara. Namun ketika hendak mendarat di Bandara Charles de Gaulle, Paris, pesawat Airbus A380 yang dioperasikan oleh maskapai berkode SIA ini menabrak sejumlah burung.

Kala itu, Singapore Airlines tengah membawa 311 penumpang dan tidak ada yang mengalami cidera terkait kejadian ini. Sempat beredar kabar bahwa kejadian ini terjadi pada Sabtu (13/7), namun pihak Singapore Airlines menyatakan bahwa kejadian ini terjadi pada Kamis (11/7).

Tak lama berselang setelah kejadian yang dapat menimbulkan bencana kepada pesawat ini, sejumlah foto beredar di media sosial Facebook. Di salah satu foto, tampak bagian moncong pesawat yang dilapisi oleh cat warna putih, dipenuhi oleh bercak-bercak darah dari burung-burung tersebut. Jika dilihat dari jumlah bercaknya, diperkirakan ada lebih dari 10 burung yang menjadi ‘korban’ dari kejadian ini.

“Menyusul hasil inspeksi yang dilakukan di darat dan pembersihan, pesawat A380 dengan nomor penerbangan SQ336 dinyatakan dapat digunakan kembali dalam penerbangan menuju Singapura dengan menggunakan nomor penerbangan SQ335,” ujar salah satu juru bicara dari Singapore Airlines.

“Hanya saja ada keterlambatan sekira 45 menit yang disebabkan oleh proses inspeksi dan pembersihan,” tandasnya.

Baca Juga: Mesin Alami Kendala Sebelum Lawan Uruguay, Pesawat Timnas Arab Saudi Diterjang Bird Strike

Sebelumnya, kejadian serupa sudah sering menghiasi sektor aviasi global. Sebut saja pesawat timnnas sepak bola Arab Saudi yang juga pernah mengalami hal serupa sebelum bertandang untuk melawan Uruguay pada 20 Juni 2018 silam. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Mundur lagi ke tahun 2017, dimana maskapai berbiaya murah asal Malaysia, AirAsia dengan nomor penerbangan QZ104 tujuan Penang terkena bird strike yang mengakibatkan kegagalan operasi mesin. Hal ini membuat pesawat tersebut terpaksa return to base menuju Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

Leave a Reply