Dijamin Betah di Pesawat, Begini Wajah Kabin Baru Airbus Lewat Airspace Program

0
Suasana sesaat setelah penumpang masuk pesawat, penumpang dengan permainan cahaya LED nan mewah. Foto: Airbus

Airbus belum lama ini merilis beberapa gambar yang menampilkan desain baru armada narrowbody mereka, dalam hal ini keluarga A320. Bila tak ada aral melintang, dalam waktu dekat, desain kabin baru Airbus di keluarga pesawat A320 akan bisa dinikmati penumpang.

Baca juga: JetBlue Upgrade Desain Kabin Airbus A320, Tapi Penumpang Justru Merana

Desain kabin baru di bawah program Airspace ini nantinya bukan hanya menonjolkan keindahan kabin berkat permainan cahaya LED saja, melainkan juga mengusung setidaknya empat hal, kenyamanan, suasana, layanan, dan desain.

Sayangnya, avgeek di seluruh dunia masih harus bersabar. Airbus belum akan mengaplikasikan program Airspace di seluruh keluarga pesawat A320, melainkan hanya pesawat milik maskapai JetBlue sajalah yang akan dilengkapi itu terlebih dahulu.

Suasana di kabin baru Airbus di bawah program Airspace by Airbus, sangat nyaman dan ramah keluarga. Foto: Airbus

Dilihat dari laman resmi Airbus, saat ini wajah baru kabin pesawat Airbus sedang dalam tahap uji akhir. Pengujian dijadwalkan bakal dilaksanakan pada bulan ini, dengan fokus pengujian pada detail-detail yang lebih halus dan mengukur tingkat kebisingan di dalam kabin.

Meski pasca pengujian akhir itu masih ada kemungkinan beberapa perubahan, namun, perubahannya tentu tak akan terlalu signifikan. Itu berarti, gambaran kabin baru Airbus yang beredar saat ini kurang lebih sama dengan realisasi nanti. Satu hal yang pasti, perubahan apapun tidak akan meninggalkan DNA Airspace Airbus, yaitu kenyamanan (ruang relaksasi), suasana (ruang inspirasi), layanan (ruang keluarga), dan desain (ruang keindahan).

Masing-masing dari empat DNA tersebut mempunyai detail tersendiri. Suasana (Ambience), menampilkan kabin yang senyap, kaya pencahayaan, dan sambutan lampu LED yang menakjubkan saat memasuki pesawat. Kenyamanan (comfort), menawarkan ruang kabin dan jendela yang lebih besar, kompartemen bagasi yang terbesar di kelasnya, dan kursi fleksibel untuk jarak jauh.

Kabin baru A320. Foto: Airbus

Lanjut ke layanan (services), Airbus menawarkan smart space solution, kabin bersih (termasuk di toilet sekalipun), seemless connectivity and entertainment. Adapun ke desain (design), Airbus mengusung konsep desain berkelanjutan, desain berkualitas, dan desain ramah keluarga.

Di antara berbagai hal baru dalam empat DNA Airspace di atas, mungkin konsep pada layanan jadi salah satu yang menonjol, dalam hal ini terkait toilet. Bagaimana tidak, selain dibuat serba tanpa sentuh, toilet di pesawat keluarga A320 Airbus nantinya akan dilengkapi dengan fitur higienis, seperti blower pengharum ruangan, full musik, full permainan cahaya menawan, dan lapisan anti-mikroba.

Selain itu, pencahayaan di kabin utama juga cukup menarik. Permainan cahaya LED kaya warna di kabin akan memberikan pengalaman terbang baru, baik saat dalam kedaaan redup maupun terang.

Kabin baru Airbus A380. Foto: Airbus

Baca juga: Singapore Airlines Pamerkan Desain Interior Mewah di Airbus A380 Terbaru

Setelah tahap pengujian akhir dilalui, kabin baru ini akan dipasang di sekitar ke sekitar 130 pesawat A320 JetBlue. Maskapai dengan armada A320 terbesar ini bahkan akan menambah 15 pesawat lagi. Hanya saja, pesawat-pesawat baru tidak akan dilengkapi dengan kabin baru, melainkan hanya pada pesawat-pesawat lama dengan usia sekitar 16 tahun. Usai dirombak, pesawat tua JetBlue diperkirakan akan jadi lebih fresh seolah pesawat baru.

Selain diaplikasikan pada keluarga pesawat A320, pesawat-pesawat lainnya juga bakal mendapat sentuhan Airspace by Airbus, seperti pada keluarga pesawat A330, A350, A220, dan A380. Hanya saja, waktunya belum diketahui kapan. Biasanya, butuh empat tahun setelah resmi diluncurkan, seperti program Airspace A320 yang butuh empat tahun pasca diluncurkan pada 2017.

LEAVE A REPLY