Dipastikan Pesan 4 Unit A330-800neo, Sinyal Garuda Indonesia Serius Garap Rute Internasional?

0
Airbus A330-800neo. Foto: Airbus

Airbus akhirnya memastikan bahwa Garuda Indonesia telah memesan empat pesawat A330-800neo, sebuah varian yang kurang populer. Betapa tidak, sampai saat ini, varian tersebut baru dipesan oleh tiga maskapai lain -itupun bukan maskapai besar- yaitu Kuwait Airways, Uganda Airlines, dan Air Greenland.

Baca juga: Media Asing ‘Tertawakan’ Rencana Garuda Indonesia Buka Penerbangan (Rugi) Langsung ke Amerika, Paris, dan India

Meski menjadi varian yang kurang populer dibanding A330-900neo, tentu A330-800neo memiliki beberapa keunggulan yang sejalan dengan rencana Garuda. Salah satunya ialah jangkauan maksimum pesawat yang mencapai 15.094 km, dibanding A330-900neo yang hanya sanggup terbang sejauh 13.334 km.

Kendati Garuda Indonesia belum buka suara terkait rencana pemanfaatan pesawat tersebut, namun, bila mundur ke awal tahun 2020 lalu, pembelian pesawat itu menjadi pertanda keseriusan maskapai nasional Indonesia itu untuk menggarap rute internasional terbang ke seluruh kota di dunia.

Dilansir Simple Flying, sebelum dipastikan oleh Airbus terkait empat pesanan A330-800neo, pesanan Airbus A330-800 Garuda Indonesia masih simpang siur dalam beberapa tahun terakhir. Pada Juni 2019, maskapai tersebut mengungkapkan telah menandatangani Letter of Intent (LOI) untuk empat pesawat.

Pada akhir 2019, Airbus mengumumkan telah mendapatkan pesanan empat A330-800, namun saat itu belum diumumkan nama maskapai pemesannya.

Berdasarkan data pesanan dan pengiriman pesawat terbaru lansiran AirwaysMag, Airbus akhirnya mengungkapkan bahwa Garuda Indonesia sebagai pemesan empat A330-800. Bila tak ada halangan, dua pesawat diperkirakan bakal dikirim pada akhir 2021 dan dua lainnya pada awal 2022. Jika sudah dikirim, lantas, mau dioperasikan untuk rute manakah pesawat tersebut?

Dibandingkan pesawat sejenis, yaitu A330-900neo, A330-800neo setidakya memiliki tiga keunggulan, mulai dari jangkauan maksimum mencapai 15.094 km, harga lebih murah, hingga dapat mendarat di runway yang lebih pendek.

Lebih murah dan mendarat di runway yang lebih pendek tentu sebuah keunggulan menarik. Tetapi, bila disandingkan dengan strategi bisnis perusahaan, jangkauan maksimum dengan tingkat efisiensi lebih tinggi dari pesawat sejenis lainnya, tentu menjadi tawaran sangat menarik.

Pada Maret tahun lalu, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menyebut pihaknya kini sudah bisa mengantarkan seluruh pelanggannya, khususnya masyarakat Indonesia, ke berbagai kota di dunia lewat dua hub-nya di Eropa dan Asia Pasifik, yakni Amsterdam, Belanda, dan Tokyo, Jepang.

“Nah khusus untuk orang indonesia yang ingin terbang ke tempat-tempat yang telah disebutkan (Perancis, Jerman, Mauritius, Amerika, Spanyol, Moskow) ataupun kota-kota lain, kita sekarang memperkenalkan sesuatu yang baru. Jadi Anda bisa ke sana lewat dua kota hub kita, yaitu Amsterdam dan Tokyo,” kata Direktur Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, saat ditemui KabarPenumpang.com di kantornya di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat, (6/3/2020).

Direktur yang mengaku malang melintang di dunia penerbangan (sekitar 50 tahun) sebagai customer tersebut mengatakan bahwa penerbangan ke seluruh dunia bersama Garuda akan membuat pelanggannya mempunyai pengalaman terbang lebih variatif, dibandingkan rute (dengan hub) lainnya yang berbeda.

Baca juga: Garuda Indonesia Terbangi Hampir Seluruh Kota di Dunia via Amsterdam dan Tokyo

Ia pun kemudian mengambil contoh penerbangan ke Barcelona. Saat ini, masyarakat yang ingin pergi ke Barcelona, Spanyol, khususnya di Jakarta, setidaknya mempunyai dua pilihan untuk terbang ke sana. Pertama, naik Garuda Indonesia dan KLM lewat rute Jakarta-Amsterdam-Barcelona. Kedua, Jakarta-Singapura-Barcelona lewat Singapore Airlines atau maskapai lainnya. Keduanya tentu saja memiliki kelebihan masing-masing.

“Pilihan Anda kalau di Singapura cuma dua, Anda ke kota atau Anda ke Changi. Kalau ke Amsterdam, Anda punya pilihan empat. Anda di airport-nya atau Anda sehari ke Amsterdam, jalan-jalan, nonton, terus balik lagi ke airport dan ke Barcelona, atau Anda berhenti Anda ke Volendam, foto-foto Melayu berpakaian Londo Atau Anda ke Roermond, belanja factory outlet. So, pilihannya kan jelas,” tambahnya.

Leave a Reply