Dollar Naik Lantas Takut Traveling ke Luar Negeri? Baca Dulu Tips Ini!

Sumber: istimewa

Traveling kini menjadi hobi, bahkan kebutukan banyak orang dan tentunya sangat menyenangkan bila dilakoni. Sayangnya traveling akan terganggu jika persoalan yang dihadapi adalah nilai tukar mata uang. Sebab saat ini nilai mata uang Indonesia sedang melemah terhadap dollar AS.

Baca juga: 6 Tips Ini Bisa Jadi Patokan Bagi yang Ingin Berwisata ke Rusia

Tapi bagi pecinta traveling tak perlu khawatir akan masalah tersebut. Anda masih bisa menikmati keindahan alam dunia dengan mempertimbangkan budget serta negara tujuan yang akan dikunjungi. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, ada beberapa tips yang bisa digunakan bagi para pelancong meski tengah menghadapi cobaan melemahnya Rupiah.

1. Jangan bingung pilih negara destinasi
Sebagai pelancong yang biasa menikmati dunia tak perlu bingung mencari dan memilih negara tujuan. Banyak negara berkembang yang bisa dan layak menjadi pilihan destinasi Anda. Pilihan Asia atau Asia Tenggara juga bukan yang buruk. Karena nilai tukar rupiah di beberapa negara Asia tidak terlalu buruk. Seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Cina, Korea Selatan, Jepang, India, Srilanka bahkan Nepal dan beberapa lainnya. Tetapi bagi yang ingin ke Amerika juga bisa ke Brazil ataupun Argentina.

2. Pilih negara dengan biaya hidup dan transportasi murah
Biasanya pelancong akan mencarai tempat wisata dengan biaya hidup dan transportasi yang murah karena ini untuk mensiasati dollar yang tengah naik. Dengan pilihan tersebut kantong Anda sebagai pelancong tidak akan jebol ataupun over budget.

3. Cari promo tiket
Meski rupiah tengah melemah, traveling ke negara lain bukanlah hal sulit, Anda bisa mencari tiket murah alias promo. Pelancong bisa mengunjungi travel fair yang berlangsung di satu tempat atau mencari informasi tiket pesawat murah melalui internet baik itu dengan aplikasi maskapai penerbangan atau agen perjalanan.

4. Manfaatkan media sosial
Meski Anda sudah sering bepergian, tapi jangan lupa untuk berinteraksi dengan orang lain. Bila memiliki teman atau kenalan bisa bertanya tentang segala hal negara yang akan dikunjungi seperti penginapan hingga tempat wisata. Bisa juga Anda meminta tumpangan menginap dan mungkin akan lebih murah bahkan gratis.

5. Bawa uang tunai dan cari penukaran yang tepat
Membawa uang tunai dengan mata uang negara yang akan dikunjungi salah satu pilihan tepat. Sebab dengan uang tunai ini transaksi lebih mudah dan lancar. Bila membawa uang untuk ditukar, cari money changer dan bandingkan antara satu dengan yang lain untuk menemukan harga murah.

6. Gunakan kartu kredit
Dengan menggunakan kartu kredit banyak sekali manfaat yang bisa digunakan. Saat ini banyak bank yang mengeluarkan kartu kredit memberikan previllage bagi penggunanya untuk menikmati berbagai fasilitas penerbangan seperti promo tiket, transaksi luar negeri dan lainnya. Maka jangan ragu untuk menggunakan kartu kredit guna menghemat pengeluaran saat traveling keluar negeri.

7. Cari WiFi dan atur mode ponsel
Menggunakan provider Indonesia di luar negeri bukanlah pilihan tepat, sebab biaya lebih tinggi baik untuk bertelepon atau sekedar menggunakan internet. Maksimalkan penggunaan internet dengan mencari WiFi gratis, aktifkan airplane mode dan matikan mobile data serta roaming tak lama setelah mendarat di negara tujuan. Tak lupa unduh peta yang dibutuhkan sesaat setelah sampai di negara tujuan. Jangan lupa juga membeli kartu prabayar di negara tujuan, selain lebih murah juga lebih menguntungkan.

Baca juga: Biar Kulit Tetap Sehat Saat Traveling, Ini Dia Kuncinya!

8. Ikuti perkembangan kurs terbaru
Ini penting, karena dengan mengikuti perkembangan nilai tukar uang, bisa membantu Anda menentukan pilihan destinasi. Tak lupa mengikuti perkembangan berita ekonomi dalam dan luar negeri, sebab siapa tahu ini bisa mempengaruhi rencana perjalanan Anda.

9. Di Indonesia saja
Malas menukar uang asing karena rupiah melemah, dari pada pusing, baiknya traveling di Indonesia saja. Negara sendiri juga tak kalah bagus dengan negara luar. Sehingga tak perlu membayar dengan dollar atau mata uang lainnya. Tak hanya itu, di Indonesia juga memiliki banyak tempat yang bisa di kunjungi baik itu laut, danau desa wisata atau yang lainnya.