Doraemon Ulang Tahun Ke-50, Seibu Railway Hadirkan Kereta Bertema Robot Kucing Ikon Budaya Jepang

0
Kereta bertema Doraemon dari Seibu Railway (kyodonews.net)

Setiap orang pasti kenal kucing bulat berwarna biru dan sering wara-wiri di televisi mengisi liburan di hari Minggu. Ya kucing biru bernama Doraemon ini merupakan kucing robotik dari serial komik dan kartun populer yang kini tengah merayakan ulang tahun ke-50.

Baca juga: Shinkansen Hello Kitty Resmi Mengular, Penggemar dan Penumpang Riuh Ramai Berselfie Ria

Untuk memperingati ulang tahun Doeraemon, Seibu Railway Company meluncurkan kereta “Doraemon-Go!” dengan satu rangkaian berisikan delapan gerbong. Kereta yang bertema ikon budaya Jepang tersebut berisi gambar yang terinspirasi dari karakter dan gadget rahasia yang digunakannya.

pintu kemana saja menjadi penghubung antar gerbong (kyodonews.net)

“Kami ingin memberikan mimpi kepada penumpang kami dengan bantuan Doraemon,” kata Kimio Kitamura, direktur perusahaan Seibu Holdings yang dikutip KabarPenumpang.com dari kyodonews.net (8/10/2020).

(kyodonews.net)

Kereta ini berwarna sesuai dengan Doraemon yakni biru dan putih. Di mana wajahnya digambarkan di bagian depan kereta serta di setiap pintu masuk. Sedangkan gambar saku atau kantong ajaib empat dimensi Doraemon yang menyimpan semua gadget rahasianya tercetak di kursi.

Sedangkan ikon pintu ke mana saja yang akan membawa orang pergi ke tempat yang ingin mereka tuju tergambar pada pintu penghubung antar gerbong. Kereta ini dijadwalkan akan beroperasi di jalur Seibu Railways, Shinjuku, Hajima dan Tamako.

Zensho Ito, presiden perusahaan produksi Fujiko Pro Co., mengatakan almarhum Fujiko F. Fujio, salah satu dari dua pencipta seri manga asli tempat Doraemon pertama kali muncul, adalah “penggemar berat” kereta api.

“Dia akan tersenyum jika melihat ini,” kata Ito.

Baca juga: Pixar’s Toy Story Akan Hiasi Kereta Peluru Jepang yang Melintasi Pulau Kyushu

Doraemon sendiri diketahui merupakan sebuah robot kucing yang datang dari abad ke-22 untuk membantu seorang anak sekolah dasar yakni Nobita. Mengingat Doraemon, Indonesia baru kehilangan pengisi suara karakter animasi Doraemon, Nurhasanah Iskandar yang meninggal dunia pada Minggu, (12/7/2020) diusia 62 tahun.

Nurhasanah mengisi suara Doraemon sejak 1998. Setelah tiga belas tahun, ia sempat vakum dari Doraemon karena diganti orang lain.

Leave a Reply