Dua Bandara di Australia Hadirkan Anjing Terapi Bagi Penumpang yang Alami Stres

Anjing terapi di Bandara Australia (Kidspot)

Bandara Sydney dan Gold Coast yang berada di Australia kini menghadirkan anjing terapi untuk membantu penumpang yang gelisah akan penerbangan mereka. Anjing yang berada di Bandara Gold Coast berjenis retriver dan bernama Gary yang bisa membantu menenangkan penumpang.

Baca juga: Bebek Ini Bantu Atasi Stress Pasca Trauma

KabarPenumpang.com melansir dari laman nine.com.au (11/12/2018), kehadiran Gary merupakan program yang lebih luas dengan melibatkan anjing terapi sukarela untuk membantu meringankan stres sebelum perjalanan.

“Jangan ragu untuk berhenti untuk berpelukan bersama anggota Tim Duta GCA (Gold Coast Airport) kami!” kata tulisan yang ada di tempat Gary.

Seorang penumpang bernama Marion Charlton mengatakan, beberapa orang hanya sedikit stres ketika mereka terbang. Mungkin mereka mengucapkan selamat tinggal kepada beberapa orang yang dicintai.

“Gary memiliki sifat yang begitu indah, dia ada di sini untuk menghilangkan stres dari semua itu,” kata Marion.

Gary Ellen Thomas pemilik anjing terapi mengatakan, saat posisi untuk pekerjaan AmbassaPAW hadir, mereka menghubungi dirinya karena tahu jenis anjing milik Gary dan seberapa baik berperilaku kepada anak-anak.

“Jadi dia menjalani pelatihan terapi, dan ini dia!” kata Thomas.

Bahkan seorang ibu mengatakan, ini adalah ide bagus dan dengan kebutuhan khusus bisa membantu menenangkan orang ketika mereka cemas dan gelisah. “Saya pikir itu luar biasa.”

Bandara Townsville memiliki program serupa di mana Tink, Alaska Malamute, menenangkan stres dan jika itu tidak membuat hormon bahagia mengalir, sebab tidak tahu apa yang akan terjadi. Awak pesawat dan kru maskapai telah memperhatikan Gary, yang saat ini bertugas tiga hari seminggu. Duta Besar Gold Coast Tom Meath mengakui Gary “alami”.

“Ya, dia dilahirkan untuk ini. Semua orang suka Gary dan Gary mencintai semua orang, jadi ini pernikahan yang dibuat di surga,” ujar Tom.

Baca juga: Lagi Enak Makan Cemilan, Tiba-Tiba Seekor Anjing ‘Nimbrung’ di Celah Kursi Pesawat

Bukan hanya bandara di Australia yang merangkul tren relawan doggo bandara di seluruh dunia melihat manfaat dari program serupa dan beberapa tidak terbatas pada puppers. Bandar Udara Internasional Denver memiliki program terapi hewan terbesar di Amerika Serikat yang menampilkan Canine Airport Therapy Squad (CATS).

Sementara Bandar Udara Internasional Los Angeles menjalankan program Pengambilan Unstressing Hewan Peliharaan (PUPS). Bandar Udara Internasional San Francisco, Wag Bridgade bahkan menampilkan seekor babi bernama LiLou, sementara Bandar Udara Internasional Cincinnati memiliki kuda miniatur sukarela, yang dipinjam dari seorang petani setempat.