Duduk di Bangku Orang Lain, Penumpang Kereta Cepat ini Kena Cekal

Sun He. Sumber: straitstimes.com

Tentu Anda semua pernah duduk di tempat yang tidak sesuai dengan tiket ketika tengah berkendara menggunakan sarana transportasi umum, bukan? Ya, hal ini lumrah terjadi di berbagai sarana transportasi, mulai dari kereta, bus, hingga pesawat sekalipun. Namun apa jadinya jika Anda yang salah duduk ini enggan untuk pindah ke tempat duduk semestinya dan ‘dicekal’ oleh sang operator layanan? Duh!

Baca Juga: Tak Pandang Bulu, Langgar Tata Cara Berpakaian Bisa Depak Penumpang dari Penerbangan

Dihimpun KabarPenumpang.com dari laman straitstimes.com (25/8/2018), seorang penumpang layanan kereta peluru di Cina terpaksa ‘dicekal’ untuk menggunakan layanan China Railway Jinan Group pada Jumat (24/8/2018). Hal tersebut didasari oleh tolakan dirinya ketika diminta untuk menduduki tempat duduknya sesuai dengan yang tertera di tiket perjalanan. Pencekalan terhadap penumpang pria ini masih belum ditentukan tenggat waktunya.

Tidak hanya dilarang untuk menggunakan layanan kereta peluru tersebut, Sun He – nama dari penumpang ini, juga didenda sebesar 200 yuan atau yang setara dengan Rp429.000 atas tindakan semena-menanya ini.

Pemberitaan ini semakin cepat beredar manakala seorang wanita yang tempat duduknya dirampas tersebut merekam aksi dari Sun He yang duduk di pinggir kaca kereta peluru kelas ekonomi. Alih-alih merasa tidak enak lalu pergi, Sun He malah enggan beranjak dari tempat duduk tersebut dan malah memerintah wanita ini.

“Anda punya tiga pilihan – berdiri, ambil kursi saya, atau pergi ker gerbong restorasi,” ujar Sun He dalam rekaman tersebut. Tak lama berselang, seorang petugas keamanan datang menghampiri untuk melakukan mediasi. Ternyata kehadiran petugas ini tidak membuat Sun He bergeming sedikitpun. Dengan dalih tidak bisa berdiri, ia meminta sang petugas untuk membawakannya kursi roda yang akan membantunya berpindah tempat.

Enggan menghabiskan waktu terlalu lama dengan Sun He, sang petugas lalu meminta wanita yang seharusnya duduk di bangku Sun He ini untuk pindah ke kelas Bisnis dan melanjutkan perjalanan di dalam rangkaian yang menghubungkan Jinan – Beijing ini.

Tak membutuhkan waktu lama bagi sang operator untuk menerbitkan sanksi bagi Sun He. Di hari yang sama (Jumat), Sun He dijatuhkan hukuman tidak boleh menggunakan layanan kereta api selama batas waktu yang belum ditentukan. Namun berdasarkan pedoman, larangan ini berkisar antara 90 hingga 180 hari – tergantung dari beratnya pelanggaran yang dilakukan.

Baca Juga: Apa Kabar Fasilitas “Khusus” Bagi Penumpang?

Alhasil, video yang diunggah oleh wanita yang namanya enggan disebut tersebut ke dunia maya menuai berbagai respon yang menyudutkan Sun He. Mereka semua menentang aksi yang telah dilakukan oleh Sun He. Kalau hal yang sama menimpa Anda, apa yang akan dilakukan?