Duh, Penumpang Pukul Pramugari dan Coba Buka Pintu Pesawat Saat di Udara! Memangnya Bisa?

0
Ilustrasi penumpang Delta Airlines ngamuk coba buka pintu pesawat saat sedang terbang. Foto: Mirror

Terjadi lagi dimana penumpang coba membuka pintu pesawat saat sedang terbang. Padahal, tindakan tersebut bukan hanya membahayakan dirinya, tetapi juga membahayakan penumpang lain dan pesawat itu sendiri.

Baca juga: Pernah Berpikir untuk Membuka Pintu Pesawat Saat di Udara? Mustahil!

Penumpang coba membuka pesawat dilaporkan terjadi pada penerbangan Delta Airlines belum lama ini. Seorang penumpang pria yang tak disebutkan dengan jelas identitasnya, disebut coba membuka pintu pesawat saat dalam perjalanan dari Atlanta ke Bandara Logan di Massachusetts pada Minggu (14/2).

Kesungguhannya dalam mencoba membuka pintu pesawat bukannya setengah-setengah, ia bahkan sampai memukul pramugari untuk memuluskan aksinya. “Saya melihat pramugari di kelas satu, sepertinya dia melompat mundur. Saya melihatnya telah dipukul,” kata seorang penumpang pesawat Delta Airlines, Mark French, seperti dikutip dari New York Post.

“Saya mengangkat kepala dan melepas headphone saya, dan dia berteriak,” Dia mencoba membuka pintu”.” tambahnya.

Setelah mendapat bantuan dari dua petugas lain, usaha penumpang yang beberapa kali berteriak “Biarkan aku keluar dari sini. Ini bukan rumahku” tersebut akhirnya berhasil diredam. Petugas menggunakan kain untuk mengikatnya di kursi.

Setelah pesawat mendarat, penumpang Delta Airlines itu pun dijemput kepolisian bagian Massachusetts untuk kemudian diserahkan ke FBI.

Tetapi, terlepas dari tindak pidana penumpang tersebut dengan memukul pramugari dan mencoba membuka penumpang, sebetulnya bisakah pintu pesawat dibuka dari dalam saat pesawat mengudara? Jawabannya, mustahil!

Dalam sebuah tulisan businessinsider.com, Kamis, (13/2/2020), sebuah pesawat saat mengudara, pada umumnya berada di ketinggian sekitar 3.600 – 10.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Banyak faktor yang mendasari mengapa pesawat berada di ketinggian tersebut, seperti menghindari kawanan burung (jenis tertentu bisa terbang maksimal di ketinggian 4.500 meter) hingga mengejar efisiensi bahan bakar. Pasalnya, semakin tinggi pesawat, semakin rendah tekanan udara di luar sehingga pesawat tak memerlukan tenaga ekstra untuk meluncur di airways.

Baca juga: Berakibat Fatal, Pintu Pesawat Terbuka (Lepas) Saat Mengudara

Terkait konteks membuka pintu darurat atau pintu utama, pada ketinggian tersebut (3.600 – 10.000 mdpl), pesawat mendapatkan tekanan besar dari luar, sekitar 10,8 ton. Sebaliknya, bila seseorang ingin membuka pintu pesawat saat di udara, baik secara sengaja maupun tidak, orang tersebut harus mempunyai kemampuan untuk mengangkat beban setara 10,8 ton tadi, barulah kemungkinan pintu pesawat dibuka saat di udara menjadi lebih besar.

Dengan begitu, kalaupun penumpang Delta Airlines yang coba membuka pintu pesawat saat mengudara dibiarkan, secara ilmiah, penumpang itu mustahil bisa melakoninya. Tentu, itu tergantung pada di ketinggian berapa pesawat berada. Bila itu dilakukan beberapa detik setelah pesawat lepas landas, tekanan dari luar mungkin tak terlalu besar sehingga memungkinkan oknum penumpang membukanya.

Leave a Reply