Duh, Pilot ANA Lupa Bawa Lisensi Terbang Ketika Bertugas!

0
(Nikkei Asian Review)

Bagaimana rasanya jika rencana liburan akhir tahun yang sudah tertata rapi terpaksa harus berantakan di bandara karena penerbangan Anda terpaksa dibatalkan? Terlebih jika Anda mengetahui bahwa pembatalan penerbangan tersebut dikarenakan sang pilot lupa membawa lisensinya? Wah, akankah Anda meluapkan amarah kepada sang pilot?

Baca Juga: Ellen Church, Pramugari Pertama di Dunia yang Juga Punya Lisensi Pilot

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman simpleflying.com (25/12), adalah seorang pilot berusia 60 tahunan yang mengabdi kepada maskapai asal Jepang, All Nippon Airlines (ANA) tengah mengemudikan pesawat dari Tokyo Haneda menuju Fukuoka (ANA Flight 259). Namun di tengah perjalanan, ia baru sadar bahwa dirinya lupa membawa lisensi penerbangannya. Padahal, dokumen tersebut amatlah penting bagi seorang pilot – layaknya SIM bagi para pengemudi kendaraan bermotor.

Nasi sudah menjadi bubur, pilot ini langsung menghubungi atasannya dan mengatakan bahwa ia tidak membawa lisensi penerbangannya. Akan memakan waktu yang cukup lama jika sang pilot harus kembali ke destinasi awal (Tokyo) hanya untuk mengambil lisensi penerbangannya, dan kala itu atasan sang pilot memerintahkan untuk melanjutkan penerbangan menuju Fukuoka. ANA Flight 259 masih aman dari ‘amukan’ penumpang.

Menurut regulasi yang berlaku, seorang pilot tidak diijinkan untuk menerbangkan pesawat jika tidka membawa lisensi penerbangannya, dan inilah yang menjadi akar dari masalah selanjutnya. Sang pilot yang identitasnya tidak diungkap ini tidka bisa melanjutkan penerbangan – ANA flight 428 dari Fukuoka menuju Itami di Osaka. Walhasil, tanpa hadirnya seorang pilot, pihak maskapai harus membatalkan penerbangan tersebut dan sebanyak 129 penumpang ‘dipaksa’ untuk mencari alternatif perjalanan lain.

Baca Juga: Kopilot Oman Air Lupa Bawa Lisensi Terbang, Pesawat Tertahan Lebih dari 2 Jam di New Delhi!

Tidak berhenti sampai di situ, penerbangan selanjutnya dari pilot ini (ANA flight 739 dari Itami menuju Sendai) juga terdampak. Pihak maskapai harus mencari pilot pengganti yang bisa dan sudah kompeten melayani penerbangan di rute tersebut.

Menanggapi kasus pilot kelupaan membawa lisensi ini, pihak ANA masih enggan untuk berkomentar lebih jauh. Besar kemungkinan, pihak maskapai masih melakukan investigasi mendalam terkait kejadian ini.

Leave a Reply