Ellen Church, Pramugari Pertama di Dunia yang Juga Punya Lisensi Pilot

(World History)

Pernah terpikir oleh Anda siapakah yang menjadi pramugari pertama dalam penerbangan? Bila Anda pernah memikirkannya, pada tahun 1930 silam, seorang wanita muda yang menjadi seorang perawat adalah pramugari pertama diperusahaan Boeing Air Transport.

Baca juga: Ternyata, Boeing dan United Airlines Dulu Adalah Satu Perusahaan, Lho!

Untuk mengenal lebih lanjut pramugari pertama dunia ini, KabarPenumpang.com sudah merangkum dari worldhistory.us. Bernama Ellen Churh, pramugari yang awalnya ingin menjadi seorang pilot maskapai komersial.

Lahir di Iowa sebuah pertanian dekat Cresco, Ellen lahir pada 22 September 1904 silam. Awalnya sebelum menjadi seorang pramugari, ternyata Ellen terpesona dengan pesawat terbang yang dilihatnya semasa kecil.

Bahkan dia punya impian tidak menjadi seorang istri petani karena dirinya menginginkan kehidupan yang penuh petualangan. Kemudian dia memulai karirnya dengan menempuh pendidikan di University of Minnesota dan mendapat gelar keperawatan tahun 1926.

Ellen sendiri sempat bekerja menjadi pengajar perawat di salah satu rumah sakit di Prancis. Kemudian dirinya mengambil pelajaran terbang hingga menjadi seorang pilot yang memiliki lisensi terbang.

Namun sayangnya dia tahu bahwa sebagai seorang perempuan akan sulit mendapat pekerjaan sebagai pilot. Selain dari eksploitasi perempuan, penerbangan komersial di masa itu masih di dominasi oleh laki-laki.

Akhirnya Ellen kemudian menuju ke San Francisco dimana kantor Boeing Air Transport (BAT) pada Februari 1930 untuk menjadi bagian dari industri penerbangan komersial baru. Pada musim dingin itu dia bertemu dengan manajer Steve Stimpson dan mendiskusikan tentang idenya.

Bahkan bisa dikatakan pada tahun itu, kebanyak orang masih takut terbang karena banyaknya kecelakaan terjadi. Apalagi pesawat komersial di kala itu terbang dengan ketinggian rendah daripada saat ini yakni hanya sekitar enam ribu kaki bila dibandingkan saat ini yang 35 ribu kaki.

Hal ini berarti pesawat mengudara melalui cuaca buruk dan banyak penumpang yang mabuk udara. Ellen yang memiliki pikiran panjang kemudian melontarkan kemungkinan perawat wanita yang bisa merawat penumpang lebih baik, apalagi bagi mereka yang sering sakit dan takut dengan perjalanan pesawat.

Stimpson awalanya hanya memberikan pernyataan Ellen kepada atasannya dan awalnya hal itu di tolak. Namun kemudian pihak BAT berubah pikiran dan setuju untuk masa percobaan tiga bulan. Hal ini kemudian membuat Stimpson dan Ellen menyaring pelamar hingga pada akhir musim semi di tahun itu ada delapan pramugari dengan salah satunya Ellen sebagai keberhasilan yang menggembirakan dan semakin banyak wanita yang bekerja sebagai pramugari.

Setelahnya BAT bergabung dengan dua perusahaan kecil dan membentuk United Airlines dimana Ellen mengudara bersama maskapai tersebut dari Oakland menuju Chicago. Sayangnya karir pramugari pertama ini tidak lama hanya 18 bulan.

Baca juga: Capai Usia 102 Tahun, Delta Airlines Rayakan Ulang Tahun Pramugari Pertamanya!

Ini dikarenakan Ellen mengalami kecelakaan mobil dan meski begitu dirinya memiliki karir yang terkenal sebagai perawat dalam Perang Dunia II. Dia bertugas sebagai perawat penerbangan di Korps Perawat Angkatan Darat, dan mendapatkan medali udara. Dia meninggal dalam kecelakaan menunggang kuda yang tragis pada tahun 1965.