Ternyata, Boeing dan United Airlines Dulu Adalah Satu Perusahaan, Lho!

0
Sumber: istimewa

Setelah pada artikel sebelumnya membahas tentang fakta unik dari dua maskapai asal Negeri Paman Sam, yaitu American Airlines dan Delta Airlines, nampaknya kurang lengkap jika tidak membahas tentang satu lagi maskapai Amerika yang terkenal kontroversial, United Airlines. Kendati namanya terkesan sudah tercoreng, namun United merupakan salah satu maskapai yang serius dalam mengatasi masalah polusi udara.

Baca Juga: Pekerjakan Pilot Berkulit Hitam Pertama, Inilah Fakta Unik Seputar American Airlines

Ya, pada 11 Maret 2016 silam, United tercatat sebagai maskapai Amerika pertama menggunakan bahan bakar biofuel untuk penerbangan berjadwal regulernya. Selain itu, nama United Airlines juga tercatat sebagai launch customer dari armada Boeing 777 pada tahun 1995 silam. Untuk menghilangkan rasa penasaran terhadap maskapai kontroversial ini, berikut KabarPenumpang.com rangkum sejumlah fakta unik dari United Airlines, dikutip dari laman gotravelyourway.com.

Pendiri Star Alliance
Bersama dengan Lufthansa, Air Canada, SAS, dan Thai International. United Airlines mendirikan aliansi penerbangan Star Alliance pada tahun 1997. Beranggotakan 28 maskapai penerbangan, Star Alliance sendiri digadang-gadang sebagai aliansi penerbangan terbesar saat ini – melampaui SkyTeam dan OneWorld.

Hubungan Spesial Dengan Boeing
Tahukah Anda bahwa United Airlines dan Boeing merupakan satu perusahaan? Ya, pada akhir 1920-an, William Boeing mendirikan Boeing Airplane & Transport Corporation yang berfokus pada manufaktur dan pengoperasian pesawat. Lalu pada 28 Maret 1931, sebuah perusahaan bernama United Air Lines, Inc. baru memulai penerbangan komersialnya.

United Airlines dan Ellen Church
Mungkin Anda akan bertanya-tanya, siapakah Ellen Church. Ya, patut diketahui bahwa ia merupakan awak kabin berjenis kelamin wanita pertama yang pada tahun 1930, Ellen mengudara bersama United dari Oakland menuju Chicago. Sebelum tahun 1930, semua awak kabin berjenis kelamin laki-laki.

Baca Juga: Ini Fakta yang Mungkin Belum Anda Ketahui dari Delta Airlines

Konsumen Boeing 737 MAX 10 Terbesar
United Airlines diketahui sebagai maskapai pertama yang mengoperasikan armada Boeing 737. Merasa puas dengan kinerja armadanya, United Airlines lalu terus menggunakan salah satu produk andalan dari Boeing ini. Pada Juli 2017, United Airlines mengubah perjanjian dengan pihak Boeing untuk mengkonversi 100 unit armada Boeing 737 MAX 9 pesanannya menjadi Boeing 737 MAX 10.

Leave a Reply