Pekerjakan Pilot Berkulit Hitam Pertama, Inilah Fakta Unik Seputar American Airlines

0
Sumber: Istimewa

Maskapai ini merupakan salah satu dari tiga raksasa aviasi di Negeri Paman Sam, setelah Delta Airlines dan United Airlines. Ya, American Airlines memang terkenal sebagai anggota terkuat dari aliansi penerbangan Oneworld, dimana maskapai yang berbasis di CentrePort, Fort Worth, Texas ini, dimana mereka menyumbangkan 35 persen dari seat capacity aliansi tersebut.

Baca Juga: Philippine Airlines – Maskapai Tertua di Asia dan Pertama yang Lintasi Samudera Pasifik

Selain itu, maskapai ini juga mememiliki satu penggemar yang namanya cukup tenar di jagad Youtube – Casey Neistat, seorang Youtuber, entrepreneur, dan pembuat film. Wah, nampaknya American Airlines cocok untuk kita ‘bedah’ pada edisi kali ini, ya. Tanpa harus berlama-lama, berikut KabarPenumpang.com himpun sejumlah fakta unik dari tubuh American Airlines, dikutip dari laman gotravelyourway.com.

Up in the Air
Bagi Anda para pecinta film, mungkin Anda semua tidak asing dengan salah satu film yang dibintangi oleh mega bintang George Clooney ini. Ya, Up in the Air merupakan film tentang seorang pria yang berusaha untuk mendapatkan 10 juta mil untuk mencapai American Airlines Consecutive Status – dimana setelah ia mendapatkan capaian tersebut, namanya akan terukir di salah satu pesawat dan dapat mengudara secara gratis!

Pilot Wanita Pertama
Adalah Bonnie Tiburzi, seorang penerbang asal Amerika yang terdaftar sebagai pilot wanita pertama dari American Airlines dan pilot wanita pertama untuk maskapai komersial besar Amerika. Wanita kelahiran Connecticut, 31 Agustus 1948 ini juga tercatat sebagai wanita pertama di dunia yang memperoleh peringkat Flight Engineer di pesawat jet turbo.

Pemesanan Pesawat Terbesar Sepanjang Sejarah
Pada Juli 2011, nama American Airlines tercatat sebagai maskapai yang melakukan pemesanan pesawat terbesar sepanjang sejarah kedirgantaraan. Kala itu, ia memesan 460 armada Boeing 737 Next Generation dan Airbus A320 untuk meremajakan armada di penerbangan jarak pendek – menengahnya.

Baca Juga: Lufthansa – Jadi Operator Boeing 747-8 Hingga Konsumen Caviar Terbesar di Dunia

Pilot Berkulit Hitam Pertama
Setelah terkenal dengan pilot wanita pertamanya, American Airlines juga telah mencetak pilot African-American pertama di maskapai besar. Adalah Dave Harris, pilot kelahiran Ohio ini bergabung dengan American Airlines pada tahun 1964 dan menerbangkan armada DC-6 hingga mencapai jarak lebih dari 7.000 km.

“Kami tidak peduli apakah Anda hitam atau putih, tetapi apakah Anda bisa menerbangkan pesawat atau tidak,” itu merupakan kutipan terkenal dari Dave Harris yang mengakhiri masa abdinya di dunia penerbangan pada tahun 1994.

 

Leave a Reply