Lufthansa – Jadi Operator Boeing 747-8 Hingga Konsumen Caviar Terbesar di Dunia

Sumber: gotravelyourway.com

Lufthansa merupakan maskapai asal Jerman yang didirikan pada 6 Januari 1953. Maskapai ini tidak hanya didaulat sebagai yang terbesar di Jerman, melainkan di Eropa. Butuh waktu sekitar dua tahun bagi maskapai ini untuk memulai pengoperasian perdananya (1955). Di tahun 2014 silam, maskapai ini sempat berganti nama menjadi Siegerflieger Fanhansa (Winners-Plane) karena kala itu mereka membawa pulang tim sepak bola Jerman setelah mengantongi gelar juara di perhelatan Piala Dunia.

Baca Juga: Aeroflot – Ternyata Jadi Maskapai dengan Jumlah Armada Terbesar di Dunia

Wah, rasanya sangat sayang jika maskapai ini tidak kita bedah fakta-fakta uniknya. Baiklah kalau begitu, dirangkum KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, berikut merupakan fakta-fakta yang mungkin belum Anda tahu dari salah satu penggagas aliansi penerbangan Star Alliance, Lufthansa.

Konsumen Caviar Terbesar di Dunia
Lufthansa memang bukan merupakan maskapai termewah di dunia, namun maskapai yang membawahi anak perusahaan LSG Sky Chefs (katering maskapai penerbangan terbesar di dunia) ini didaulat sebagai konsumen caviar terbesar di dunia – 10 ton setiap tahunnya.

Tidak usah bingung dengan kuantiti dari caviar yang begitu banyak. Karena LSG Sky Chefs sendiri bermitra dengan lebih dari 320 maskapai penerbangan di seluruh dunia di 220 bandara dan mengoperasikan hampir 210 pusat layanan pelanggan di 53 negara – menghasilkan sekitar 580 juta makanan setiap tahunnya.

Pengguna Airbus A380 Terbanyak di Eropa
Dibandingkan dengan maskapai asal Benua Biru lainnya, Lufthansa menyandang predikat tersebut dengan total 14 armada A380-800. Maskapai ini sendiri membagi Super Jumbo ke dalam empat varian kelas – delapan bangku First Class, 78 bangku Business Class, dan 423 bangku untuk Economy dan Economy Plus Class.

Pencetus Inflight Internet
Jika selama ini Anda akan mendapati banyak maskapai yang menawarkan fitur inflight internet, maka Anda harus tahu bahwa pada tahun 2004, Lufthansa merupakan maskapai pertama yang menawarkan fitur ini di penerbangan internasional. Melihat kesuksesannya, maskapai lain pun enggan kalah dan mulai menawarkan fasilitas serupa.

Baca Juga: Japan Airlines, Flag Carrier Jepang yang Jadi Pengguna Terbanyak Boeing 747 di Asia

Operator All New Boeing 747-8 Terbesar di Dunia
Kendati pamor “Queen of the Skies” mulai padam sejak beberapa tahun ke belakang, namun kualitas Boeing tetaplah prima di mata Lufthansa. Ini dibuktikan dengan 19 armada All New Boeing 747-8 yang masuk ke dalam daftar armada Lufthansa – dan menjadikannya sebagai operator 747-8 terbesar di dunia.