Aeroflot – Ternyata Jadi Maskapai dengan Jumlah Armada Terbesar di Dunia

Sumber: Publika.az

Tahukah Anda maskapai mana yang pertama kali melakoni penerbangan internasional dengan menggunakan pesawat jet pertama di dunia? Ya, Aeroflot menggunakan Tupolev Tu-104 untuk melakoni penerbangan internasional dengan menggunakan pesawat jet pada 15 September 1956 dari Moskow menuju Irkutsk. Kala itu, Aeroflot sempat singgah di Omsk sebelum melanjutkan perjalanannya.

Baca Juga: Bermula Dari DC-9, Inilah Rentetan Fakta Unik Seputar Turkish Airlines

Wah, kira-kira ada fakta unik apalagi ya dari salah satu anggota aliansi penerbangan SkyTeam ini? Fasten your seatbelt, berikut KabarPenumpang.com rangkum fakta-fakta unik dari maskapai Aeroflot, dikutip dari laman gotravelyourway.com.

Maskapai Terbesar di Dunia
Terhitung pada Maret 2017, total 200 armada berlivery Aeroflot mengantarkan maskapai asal Rusia ini menjadi yang terbesar di dunia, mengalahkan American Airlines. Dikutip dari laman sumber lain, saat ini Aeroflot mengoperasikan sekitar 248 armada yang melayani 146 destinasi domestik maupun internasional.

Pernah Mengoperasikan Concorde
Ya, maskapai ini pernah memasukkan Tupolev Tu-144 ke dalam armadanya pada 1977 dengan rute penerbangan Moskow – Almaty, kota terbesar di Kazakhstan. Namun seiring dengan banyaknya insiden yang menimpa armada supersonik ini, akhirnya Aeroflot menghentikan pengoperasian dari TU-144 dan mengubahnya jadi pesawat kargo hingga tahun 1983.

Mesin Perang Sesungguhnya
Selama masa Perang Dunia ke-2 dan invasi Jerman pada tahun 1941 hingga 1945, Aeroflot mengantongi kurang lebih sekitar 1,6 juta misi kenegaraan dalam situasi darurat tersebut. Salah satu yang paling dikenang adalah ketika maskapai ini mengangkut sekira 1,5 juta tentara dan mendistribusikan sekitar 122,027 ton kargo selama masa-masa tersebut.

Baca Juga: Cathay Pacific Hong Kong, Ternyata Didirikan oleh Orang Australia dan Amerika

Mengoperasikan Armada Muda
Sebagai salah satu raksasa di sektor aviasi global, nama Aeroflot selalu muncul paling awal ketika ditanya maskapai mana yang mengoperasikan pesawat dengan rataan umur paling muda. Menurut laman sumber, rata-rata umur dari pesawat yang dioperasikan oleh maskapai Rusia ini adalah 4,1 tahun. Sebagai pembanding, maskapai raksasa asal Negeri Bavaria Lufthansa memiliki rataan umur armada 9,9 tahun dan American Airlines dengan rataan umur pesawat 10,4 tahun.