Philippine Airlines – Maskapai Tertua di Asia dan Pertama yang Lintasi Samudera Pasifik

0
Sumber: istimewa

Memang namanya tidak sebesar Qatar Airways, Qantas, atau Emirates, namun Flag Carrier Filipina ini merupakan yang pertama dan tertua di kawasan Asia. Ya, Philippine Airlines sebenarnya telah berdiri sejak 14 November 1935 sebagai Philippine Aerial Taxi Company. Namun nama Philippine Airlines sendiri baru berdiri pada 26 Februari 1941. Tertanggal tersebutlah yang pada akhirnya dijadikan hari jadi dari anak perusahaan PAL Holdings, Inc. ini.

Baca Juga: Yang Menarik dari Air China – Terobsesi Gunakan Pesawat Produksi Dalam Negeri

Tentu masih banyak lagi fakta unik yang dapat digali dari maskapai berslogan “The Heart Of The Filipino”. Berikut ini, KabarPenumpang.com sarikan sejumlah fakta-fakta unik dari Philippine Airlines, dirangkum dari berbagai laman sumber. Prepare yourself!

Pengarung Samudera Pasifik Perdana
Tidak hanya tercatat sebagai maskapai pertama di kawasan Asia, namun nama Philippine Airlines juga tercantum sebagai maskapai pertama yang menyebrangi Samudera Pasifik. 31 Juli 1946, Philippine Airlines mengoperasikan pesawat charter Douglas DC-4 mengangkut sekira 40 prajurit Amerika Serikat untuk pulang ke kampung halamannya. Kala itu, penerbangan perdana mengarungi Samudera Pasifik memakan waktu sekitar 41 jam dengan sejumlah pemberhentian untuk mengisi bahan bakar, seperti di Guam, Wake, Kwajelein, dan Honolulu.

Pramugari Hingga Miss Philippine

Pamela Bianca Manalo. Sumber: Twitter

Mungkin fakta ini terbilang cukup unik, pasalnya salah satu awak kabin dari Philippine Airlines, Pamela Bianca Ramos Manalo berhasil meraih gelar juara pada pagelaran Binibining Pilipinas Universe 2009 – semacam ajang Puteri Indonesia versi Filipina. Tidak berhenti sampai di situ, karir Pamela ternyata lebih bersinar di panggung hiburan. Tercatat sebanyak 18 acara televisi lokal Filipina pernah dibintangi oleh si mantan pramugari ini.

Didirikan oleh Pengusaha
Kendati saat ini Philippine Airlines berstatus sebagai flag carrier Filipina, namun tahukah Anda bahwa maskapai ini pertama kali didirikan oleh sekelompok pengusaha yang dipimpin oleh salah satu industrialis terkemuka di Filipina, Andres Soriano.

Baca Juga: EVA Air – Anak Perusahaan Evergreen Group, Pernah Memasang Livery Terlucu dalam Sejarah

Tidak Tergabung Dalam Aliansi Penerbangan
Alih-alih merengkuh jalan yang sama seperti kebanyakan flag carrier – dimana mereka bergabung dengan aliansi penerbangan guna melebarkan sayap bisnisnya, Philippine Airlines hingga saat ini tidak tercatat di dalam aliansi penerbangan manapun. Kendati begitu, revenue maskapai ini tetap terbilang ‘aman’.

 

Leave a Reply