Yang Menarik dari Air China – Terobsesi Gunakan Pesawat Produksi Dalam Negeri

0
Sumber: gotravelyourway.com

Air China Limited merupakan flag carrier Republik Rakyat Cina (RRC) yang bermarkas di Distrik Shunyi, Cina. Di tahun 2015 silam, maskapai ini tercatat telah menerbangkan sekira 90 juta penumpang yang terakumulasi dari penerbangan domestik dan internasionalnya, dengan load factor rata-rata 80 persen. Selain salah satu pencapaian fantastis tersebut, tahukah Anda bahwa maskapai Air China ini merupakan personal carrier dari Presiden Negeri Tirai Bambu?

Baca Juga: EVA Air – Anak Perusahaan Evergreen Group, Pernah Memasang Livery Terlucu dalam Sejarah

Mungkin sebagian dari Anda baru mengetahui tentang fakta unik di atas. Nah, ingin tahu fakta unik lain dari maskapai berlogo burung Phoenix ini? Berikut KabarPenumpang.com sajikan beberapa fakta unik dari Air China, dikutip dari laman gotravelyourway.com.

Bakal Jadi Pengguna Barang Lokal Perdana
Memang namanya belumlah sebesar Boeing atau Airbus yang sudah mendunia sejak puluhan tahun lalu, namun dengan percaya diri, Air China mengumumkan telah memesan 20 armada Comac C919. Commercial Aircraft Corporation of China, Ltd. atau yang biasa disingkat Comac merupakan produsen pesawat asal Cina yang bediri pada 11 Mei 2008.

Nah, pihak Comac sendiri mengklaim bahwa Comac C919 merupakan armada yang setara dengan Airbus A320 dan Boeing 737. Selain Air China, maskapai asal Irlandia, Ryanair juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Comac untuk armada serupa sejak tahun 2011 lalu.

Keuntungan di Balik Pesta Tradisional
Di antara semua tanggalan merah di kalender Indonesia, Tahun Baru Cina merupakan salah satu turut dirayakan di Tanah Air. Jika di Indonesia saja dirayakan, sudah barang tentu perayaan lebih heboh terjadi di Cina sendiri. Tidak mau kehilangan momen, Air China menambah 6.000 penerbangan domestik tambahan selama tanggal merah yang jatuh pada bulan Februari ini. Pihak Air China mengaku mendapatkan pendapatan sangat besar dari penambahan jadwal penerbangan ini.

Baca Juga: Bukan Nama Anak Artis, Ini Dia Fakta Unik Seputar El Al Airlines

Makna di Balik Logo Perusahaan

Logo Phoenix di Ekor Armada Air China. Sumber: gotravelyourway.com

Setiap maskapai jelas memiliki logo dengan filosofinya masing-masing – pun dengan Air China yang memilih untuk menjadikan hewan mitologi Phoenix sebagai logo perusahaan tersebut. Di Cina, Phoenix sendiri memiliki filosofi sebagai burung pembawa keberuntungan. Jadi diharapkan dengan dipasangnya logo Phoenix ini di ekor setiap armada akan membawa keberuntungan terhadap perusahaan.

Jika Anda teliti lebih dalam lagi, gambar Phoenix ini terdiri dari susunan huruf VIP yang mengindikasikan Air China yang selalu memberikan pelayanan premium pada setiap penerbangannya.

 

Leave a Reply