Duh! Potongan Pesawat Uji Airbus Jatuh di Desa Dekat Bandara Toulouse-Blagnac

0
Desa Daux, Perancis. Sumber: France Voyage

Sebuah potongan bagian pesawat Airbus ditemukan oleh penduduk di sekitaran desa Daux yang berada dekat dengan Bandara Toulouse-Blagnac, Perancis pada Selasa (19/11) kemarin. Tentu saja penemuan ini menghebohkan warga sekitar, mengingat banyaknya asumsi yang menyebutkan bahwa potongan bagian pesawat tersebut kemungkinan besar berasal dari pesawat uji Airbus. Adapun ukurannya tergolong cukup besar – panjang kurang lebih satu meter dengan lebar sekira 50 cm.

Baca Juga: Tidak Ada Varian Airbus A370, Netizen Sampai Bikin Ilustrasi Sendiri!

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman aerotime.aero (27/11), warga desa Daux semakin percaya bahwa potongan tersebut merupakan bagian dari pesawat uji manakala mereka mendapati bahwa bahan dasarnya terbuat dari material komposit – bahan yang sama yang digunakan untuk membangun tubuh pesawat. Walikota desa Daux, Patrice Lagorce mengatakan bahwa spekulasi warganya semakin kuat terbukti mengingat sangat sedikit penerbangan komersial yang terbang di atas desa yang ia pimpin.

Menanggapi penemuan potongan yang diduga milik pesawat uji Airbus ini, French Accident Investigation Bureau for State Aviation Safety (BEA-É) bertanggung jawab atas insiden yang menimpa pesawat yang belum terdaftar ini. Pihaknya mengatakan bahwa telah menerima laporan terkait penemuan ini, namun tidak membuka penyelidikan lantaran pihak Airbus diberitakan tengah menggelar penyelidikan sendiri.

“Kami mengkonfirmasi bagian pesawat telah ditemukan dan kami sedang menyelidiki masalah ini secara internal,” ujar pihak Airbus.

Beruntungnya, insiden ini tidak tidak memakan korban, baik luka maupun jiwa – karena pesawat jatuh di sebuah taman di dalam area pemukiman warga. Menurut keterangan yang beredar, insiden ini terjadi manakala pihak Airbus tengah melakukan evaluasi terkait pembukaan airways baru untuk penerbangan menuju Bandara Toulouse-Blagnac yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Lima Penyebab Umum Terjadinya Kecelakaan Pesawat

Beberapa dari airways baru ini akan melintas langsung di atas desa Daux, dimana pembukaan rute ini tidak menutup kemungkinan akan mendulang protes dari warga desa tersebut. Hanya jika Airbus melakukan satu kesalahan yang menyebabkan sebuah pesawat atau ada bagian dari pesawat yang jatuh ke desa Daux, maka di situlah momen ketegangan di desa akan meningkat secara drastis.

Leave a Reply