Tidak Ada Varian Airbus A370, Netizen Sampai Bikin Ilustrasi Sendiri!

0
Gambaran A370 veri Warganet. Sumber: a380.boards.net

Dari sekian banyak varian pesawat Airbus yang telah diluncurkan, pernahkah Anda mendengar varian A370? Nampaknya dari susunan angka yang tersemat di belakang nama armada Airbus, hanya angka 7 lah yang tidak pernah tampak melengkapi bagian A3xx pada awal penamaan dan 0 di akhirnya. Nah, kira-kira kenapa ya varian A370 tidak pernah dirilis oleh pihak Airbus? Atau mungkin varian ini masih dalam proses perkitan dan ada kemungkinan untuk diluncurkan di waktu yang akan datang?

Baca Juga: Dinilai Kurang Efisien, Akankah Airbus A380 Berjaya 20 Tahun Mendatang?

Sebagai informasi tambahan, rumor dan spekulasi yang beredar soal kehadiran varian A370 di sektor aviasi global ternyata sudah terbentuk sejak bertahun-tahun lalu – tepatnya pada tahun 2006 dimana rumor ini dicetuskan oleh salah satu media yang berfokus pada sektor kedirgantaraan internasional, Aviation Pros. Dalam artikel tersebut, tercatat sebuah “buzz in Paris” pada pagelaran tahunan yang diadakan oleh International Air Transport Association (IATA).

Ya, frasa “buzz in Paris” ini diartikan oleh banyak pihak sebagai sebuah gebrakan yang akan dilakukan oleh Airbus, mengingat sentra bisnis pesawat sipil Airbus berada di Blagnac, pinggiran kota Toulouse, Perancis. Namun apalah arti desas-desus yang beredar luas di masyarakat tanpa adanya pergerakan dari pihak manufaktur – semuanya hanya akan meninggalkan rasa penasaran yang mendalam terhadap pecinta aviasi global.

Bahkan, dikutip KabarPenumpang.com dari laman simpleflying.com (28/4/2019), saking penasarannya warganet dengan pesawat Airbus A370 yang hingga saat ini belum atau bahkan tidak akan dirilis oleh pihak Airbus, mereka (warganet) sampai-sampai membuat gambaran mereka sendiri tentang pesawat A370 ini. Dimana kebanyakan dari warganet menggambarkan Airbus A370 sebagai pesawat mesin ganda dan bertingkat dua – hampir mirip seperti Airbus A380 hanya saja ini merupakan versi mininya.

Sementara itu, di tahun 2014, rumor tentang hadirnya Airbus A370 kembali muncul. Adalah media Global Security yang kembali melemparkan isu ini ke hadapan publik. Pada artikel tersebut, mereka memberikan gambaran bahwa bisa saja ukuran dari Airbus A370 ini (apabila dirilis oleh pabrikan pesawat kelak) akan berada di antara ukuran A321 dan A330 atau di antara ukuran A350 dan A380.

Baca Juga: Sukhoi KR-860, ‘Kembaran’ Airbus A380 yang Tak Pernah Mengudara

Jika ukurannya saja masih mengambang seperti ini, maka kapasitasnya pun masih belum dapat ditentukan – bisa saja A370 ini merupakan pesawat narrow-body atau juga pesawat wide-body.

Pada akhirnya, Airbus sendiri masih belum merilis informasi lebih lanjut mengenai varian ini. Jadi ada baiknya, Anda tidak perlu berasumsi terlalu jauh mengenai Airbus A370 dan menunggu pihak informasi resmi dari perusahaan terkait pesawat varian ini.

 

Leave a Reply