Dukung Asian Games 2018, Garuda Indonesia ‘Upgrade’ Armada Jakarta-Palembang

Boeing 737-800Ng. Sumber: flyawaysimulation.com

Flag Carrier Garuda Indonesia mulai ambil ancang-ancang demi mencegah terjadinya lonjakan penumpang selama perhelatan Asian Games 2018 yang rencananya akan dimulai pada 18 Agustus 2018 mendatang. Alih-alih menambah jadwal penerbangan antara Jakarta Palembang – dua kota tempat diadakannya Asian Games 2018, maskapai plat merah ini lebih memilih untuk mengganti jenis pesawat yang digunakan.

Baca Juga: Jelang Asian Games 2018, PT MRT Jakarta Siap ‘Pulihkan’ Kondisi Sudirman-Thamrin

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengatakan bahwa pergantian jenis pesawat ini hanya berlaku untuk sementara waktu – tepatnya selama perhelatan Asian Games berlansung. “Kami mengganti pesawat untuk satu flight GA 104 (Jakarta – Palembang) yang pagi. Dari pesawat CRJ-1000 berkapasitas 97 penumpang menjadi Boeing 737-800NG berkapasitas 160 penumpang,” ujar Ikhsan, dikutip dari laman bisnis.com.

Sementara itu Direktur Operasi Garuda Indonesia, Triyanto Moeharsono mengatakan bahwa pergantian jenis pesawat ini berlaku, “Mulai tanggal 7 Agustus hingga 4 September 2018. Total ada 26 penerbangan rute Jakarta – Palembang yang diganti armadanya,”

Semisal dikalkulasikan, berarti pihak Garuda Indonesia menyediakan 4.510 bangku tambahan selama periode tersebut. Tidak hanya sekedar mengganti armadanya saja, Full Service Airlines (FSA) kebanggaan Tanah Air ini juga mengaku siap seandainya jasa mereka dibutuhkan untuk mengangkut beragam peralatan olahraga para atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Dilansir dari laman sumber lain, Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury mengatakan akan ada beberapa penambahan lainnya, termasuk dari Padang ke Palembang dan dari Palembang ke Bandar Lampung. Tidak hanya Garuda Indonesia, anak perusahaannya – Citilink pun akan menambah sekitar 23 frekuensi penerbangan, termasuk penambahan penerbangan dua kali ke Bandara Halim Perdanakusuma dan dua kali ke Bandara Soekarno Hatta per hari.

Baca Juga: Sekilas Mirip Layanan LCC, Garuda Indonesia Rilis Subclass Eco-Basic

“Itu yang kita tambahan untuk bisa memastikan bahwa tambahan kapasitas kita itu bisa memadai. Jadi itu hal-hal yang memang kita lakukan, termasuk adanya rute-rute baru yang kita kembangkan,” ungkap Pahala.

Sejumlah penambahan penerbangan ini dirasa perlu karena dalam kurun waktu sekitar satu bulan penyelenggaraan Asian Games 2018, diperkirakan akan ada lebih dari 25 ribu tamu dari 60 negara Asia dan non Asia sebagai pemantau.