Dukung Operasional Kereta Hidrogen, Jerman Bangun Stasiun Pengisian Khusus di 2021

0
Coradia iLint kereta hidrogen pertama di dunia

Jerman akan memiliki stasiun pengisian bahan bakar pertama di dunia untuk kereta hidrogen. Stasiun pengisian bahan bakar tersebut dibangun oleh perusahaan teknik global Linde dan ini menetap. Stasiun pengisian tersebut akan dibangun dekat dengan stasiun kereta api Bremervorde di negara bagian Lower Saxony, Jerman.

Baca juga: Tahun 2021, Kereta Bertenaga Hidrogen Siap Mengular di Rel Jerman

KabarPenumpang.com melansir dari laman railtech.com (29/7/2020), stasiun bahan bakar hidrogen akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2021 mendatang. Kehadiran stasiun ini karena Jerman telah bergerak lebih jauh dalam memperkenalkan kereta api berbahan bakar hidorgen ke dalam layanan terjadwalnya.

Bahkan pencapaian besar pertama ditetapkan dalam periode dari September 2018 hingga Februari 2020 kemarin. Selama rentang waktu ini, Alstom sudah berhasil menguji dua unit Coradia iLint yang merupakan kereta berbahan bakar hidrogen pertama di dunia pada rute non-listrik regional di Lower Saxony.

Pada pertengahn 2021, akan ada penetapan DAS (Driver Advisory System) lain ketika Linde, perusahaan rekayasa dan industri gas global asal Jerman akan menyelesaikan pembangunan stasiun pengisian tak bergerak pertama untuk kereta hidrogen. Pada uji coba kereta Cordia iLint, Altsom menggunakan SPBU keliling.

Untuk diketahui, upacara peletakan batu pertama secara simbolis untuk pembangunan stasiun bahan bakar hidrogen ini berlangsung pada hari Selasa (28/7/2020) di Bremervorde. Sedangkan pengerjaan konstruksi yang sebenarnya dijadwalkan pada bulan September. Linde akan melakukan proyek tersebut atas nama Perusahaan Transportasi Regional Lower Saxony (LNVG).

Selain itu juga ada Alstom sebagai pabrikan kereta api, dan Eisenbahnen und Verkehrsbetriebe Elbe-Weser (EVB), sebagai calon operator kendaraan hidrogen dan stasiun pengisian bahan bakar yang direncanakan. Proyek ini disubsidi dalam program inovasi nasional Jerman untuk teknologi sel bahan bakar dan hidrogen dari Kementerian Transportasi Federal.

“Pembangunan stasiun pengisian hidrogen di Bremervorde akan menjadi dasar untuk rangkaian operasi rangkaian kereta hidrogen bebas emisi kami di jaringan Weser-Elbe. Kami sangat menghargai bahwa Linde, sebagai pemasok hidrogen berpengalaman, sekarang juga mengambil alih pengisian bahan bakar rangkaian rangkaian setelah operasi uji coba yang sukses,” kata Jorg Nikutta, Direktur Pelaksana Alstom untuk Jerman dan Austria.

Lalu lintas reguler kereta hidrogen Coradia iLint akan dimulai di Lower Saxony mulai akhir tahun 2022, bahkan untuk tujuan ini, EVB membeli 14 kendaraan. Alstom meluncurkan kereta api bertenaga hidrogen Coradia iLint pertamanya pada September 2016. Dua tahun lalu, kereta tersebut memulai pengujian setengah tahun di Lower Saxony atas nama EVB.

Baca juga: Dirut PT KAI Jajal Kereta Hidrogen di Jerman dan Siap Bawa ke Indonesia

Akibatnya, beberapa operator Jerman menyatakan minat mereka pada inovasi, selain EVB. Fahrzeugmanagement Region Frankfurt RheinMain (fahma), operator kereta api di Wilayah Metropolitan Rhine-Utama Frankfurt, memesan 27 kereta Coradia iLint. Negara bagian Lower Saxony, Rhine-Westphalia Utara, Baden-Wurttemberg, dan asosiasi transportasi Hessian di Jerman Rhein-Main-Verkehrsverbund menandatangani letter of intent dengan Alstom untuk 60 kereta hidrogen. Selain itu, Alstom berencana untuk mengembangkan beberapa unit hidrogen untuk Italia dan Inggris.

Leave a Reply