Dukung Single Cockpit, Honeywell Luncurkan Sistem Kokpit Anthem Berbasis Cloud Pertama di Dunia

0
Honeywell Anthem, sistem avionik terbaru yang mungkinkan operasi penerbangan dengan satu pilot atau single cockpit. Foto: Honeywell

Honeywell belum lama ini meluncurkan aircraft cockpit system terbaru yang disebut sebagai Honeywell Anthem nan canggih. Kecanggihan sistem kokpit baru ini sangat memudahkan kinerja pilot dengan sederet teknologi atau fitur canggih. Bahkan, beberapa hal yang sebelumnya manual bisa diotomatisasi oleh sistem ini dan memungkinkan pesawat beroperasi dengan satu pilot saja atau single cockpit.

Baca juga: Mengenal Glass Cockpit, Fitur yang Mudahkan Pilot Operasikan Pesawat

Tidak hanya itu, sistem avionik Honeywell Anthem ini juga terhubung ke cloud, pertama di dunia. Dengan begitu setiap kru yang terlibat dalam operasi penerbangan dimungkinkan untuk menghasilkan dan mentransfer data dari server berbasis darat sehingga memudahkan mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Dilansir Asian Aviation, sistem avionik atau sistem kokpit terbaru Honeywell Anthem ini menawarkan konektivitas, antarmuka intuitif yang meniru smartphone, dan desain yang dapat diskalakan serta dapat disesuaikan.

Yang paling menarik adalah, Honeywell Anthem ini didukung oleh software yang dapat disesuaikan untuk hampir semua jenis pesawat dan wahana terbang, termasuk pesawat penumpang dan pesawat kargo, jet bisnis, helikopter, pesawat terbang, dan air-mobility (AAM) vehicles atau biasa juga disebut urban air mobility atau mobilitas udara perkotaan.

“Honeywell tidak hanya meluncurkan sistem kokpit baru hari ini (tetapi) kami mengubah cara pilot mengoperasikan pesawat dan menciptakan pengalaman yang lebih intuitif dari sebelumnya,” kata Mike Madsen, presiden dan CEO Honeywell Aerospace.

“Dengan cara yang sama kami beralih dari ponsel flip ke smartphone, Honeywell Anthem akan mengubah pengalaman uji coba dengan kontrol yang dapat disesuaikan yang dioperasikan dengan cepat dan mudah dengan beberapa sentuhan jari,” tambahnya.

Sistem avionik atau sistem kokpit terbaru Honeywell Anthem dirancang untuk memecahkan dua masalah yang dihadapi industri penerbangan. Pertama, avionik ini membuat pesawat terbang yang saat ini jauh lebih kompleks dengan otomatisasi, membantu menghilangkan stres pada pilot dan meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan serta efisiensi.

Kedua, Honeywell Anthem memungkinkan sistem yang memungkinkan pesawat dan pilot ‘berkomunikasi’.

Selain itu, Honeywell Anthem juga mendukung otomatisasi pada pesawat, baik itu penerbangan pesawat komersial berpenumpang tanpa pilot di masa depan -layaknya drone- ataupun mengotomatisasi tugas manual untuk memungkinkan diterapkannya sistem pilot tunggal atau satu pilot atau single cockpit untuk mengurangi beban kerja di semua pilot, teknisi, dan operator dengan jumlah armada besar.

Disebutkan, informasi terkait pesawat bahkan bisa didapat pilot dan teknisi tanpa harus menghidupkan pesawat. Ini karena sistem avionik secara otomatis menyimpan seluruh data, termasuk data perawatan, rencana penerbangan, dan status keseluruhan pesawat di infrastruktur berbasis cloud.

Baca juga: Samsung Digital Cockpit 2021, Fokus Pada Penyederhanaan Komunikasi dan Pengalaman Saat Bepergian

Sistem avionik berbasis cloud pada Honeywell Anthem ini juga diklaim bisa memangkasa persiapan pra penerbangan pilot sampai 45 menit per penerbangan. Hal itu berkat terintegrasinya Honeywell Anthem dengan aplikasi perencanaan electronic flight bag (EFB) memungkinkan pilot membuat, menyimpan, dan mengambil rencana penerbangan dari mana saja.

Setelah pilot memuat rencana penerbangan dari jarak jauh (remote flight plan), itu sudah otomatis tersedia di avionik dan sudah siap saat pilot tiba di pesawat. Inovasi remote flight plan ini di industri penerbangan global adalah yang pertama di dunia. Sebelum engine start, flight deck setups juga lebih cepat karena banyak tugas rutin pilot sebelum penerbangan dapat diselesaikan di luar pesawat.