Samsung Digital Cockpit 2021, Fokus Pada Penyederhanaan Komunikasi dan Pengalaman Saat Bepergian

0
Digital Cockpit 2021 berfokus untuk menyederhanakan komunikasi dan memberikan pengalaman (slashgear.com)

Samsung mengembangkan Digital Cockpit 2021 terbaru bersama dengan Harman untuk mengubah kendaraan menjadi tempat yang ingin ditinggali penumpang. Di mana Digital Cockpit 2021 tersebut berfokus untuk menyederhanakan komunikasi dan memberikan pengalaman yang menyenangkan saat bepergian.

Baca juga: Podcars, Ide Kendaraan Masa Depan Yang Diambil dari Imajinasi Masa Lalu

Ini dibuat berbeda dari tahun lalu yang memiliki delapan layar dan versi 2021 membawanya ke level yang lain. Saat ini Digital Cockpit 2021 memiliki layar QLED 49 inci di bagian depan. Dalam mode default, layar terletak dengan rapi di belakang dasbor. Hanya setengah dari layar yang terbuka dalam mode ini dan cukup untuk menampilkan informasi penting seperti pengaturan mengemudi, kecepatan kendaraan, dan peta navigasi.

Digital Cockpit 2021 (slashgear.com)

Ketika beralih ke mode media akan menawarkan sesuatu yang berbeda. Di mana saat kendaraan diparkir, layar akan naik ke depan dan ke tengah dalam sekejap mata. Pada saat yang sama, seluruh panel dasbor bergeser ke bawah untuk menawarkan lebih banyak ruang. Anda dapat memainkan game dalam mode ini, menonton konser langsung, melakukan panggilan video, atau mengedit file multimedia dalam layar penuh.

“Kami pernah melihat layar bermotor sebelumnya, tetapi versi Samsung adalah yang paling imersif dengan lanskap 49 inci, dengan ide untuk mengubah kendaraan Anda menjadi kantor atau ruang tamu yang bergerak tanpa kehilangan fungsionalitas dan perlengkapan teknologi modern,“ ujar Samsung.

Digital Cockpit 2021 juga menggabungkan Automotive Samsung Health, sistem yang menganalisis status kesehatan penumpang sebelum memasuki kendaraan menggunakan kombinasi kamera dan perangkat seluler yang dapat dikenakan. Sistem dapat memantau tingkat stres Anda dan menyesuaikan musik, aroma, dan pencahayaan kendaraan untuk menenangkan Anda.

KabarPenumpang.com melansir slashgear.com (11/1/2021), alat ini juga dapat menganalisis pola tidur dan gerakan kelopak mata untuk mencegah Anda tertidur saat mengemudi. Penumpang belakang dapat mengontrol Digital Cockpit menggunakan panel kontrol sentuh terintegrasi di sandaran tangan tengah belakang.

“Saat tidak digunakan, kontrol secara ajaib memudar di latar belakang untuk tampilan yang lebih bersih. Samsung Digital Cockpit 2021 tetap menjadi konsep pada saat ini, tetapi kami tidak sabar untuk melihatnya beraksi pada kendaraan produksi,“ kata Samsung.

Sementara itu, lingkar kemudi memiliki layar touchscreen 8,8 inci di mana pengemudi dapat mengaktifkan klakson atau sinyal belok. Samsung mengatakan, mereka lebih suka sakelar fisik untuk klakson dan sinyal belok, terima kasih, tetapi anakan berbentuk C yang terinspirasi dari kuk memberikan getaran olahraga jadul pada pengaturan berteknologi tinggi.

Tak hanya itu, Digital Cockpit 2021 menggabungkan layar informasi 13,2 inci di konsol tengah. Ini juga menambahkan tampilan jendela mengambang di bagian tengah atas kaca depan, praktis seperti kaca spion digital yang memungkinkan pengemudi untuk memantau rambu-rambu jalan, informasi cuaca dan sinyal lalu lintas.

Mirip dengan Digital Cockpit tahun lalu, sistem ini memiliki fitur audio-visual sehingga pengemudi dapat berkomunikasi dengan pejalan kaki dan kendaraan lain di jalan. Kapnya memiliki layar terintegrasi untuk menampilkan pesan singkat guna meningkatkan keselamatan pejalan kaki.

Baca juga: Mengenal Glass Cockpit, Fitur yang Mudahkan Pilot Operasikan Pesawat

Selain itu, ia juga mendapatkan pengeras suara terarah yang terdengar lebih lembut daripada klakson mobil konvensional, yang ternyata cukup keras untuk menarik perhatian pejalan kaki dan cukup ‘lembut’ agar tidak mengganggu tetangga Anda.

Leave a Reply