Ekspansi Bisnis Besar-Besaran, AirAsia Berencana untuk Ganti Slogan!

(Lombok Insider)

Maskapai asal Negeri Jiran, AirAsia Group Bhd dikabarkan ingin berkembang di luar bisnis maskapai penerbangan ‘tradisional’, dan menurut kabar yang beredar pihak maskapai telah membangun situs web dan aplikasi travel dan lifestyle, layanan keuangan, dan operasi logistik. Chief Executive Group AirAsia, Tan Sri Tony Fernandes mengatakan, maskapai berbiaya rendah ini telah didekati oleh sejumlah perusahaan asing yang tertarik untuk bermitra dengannya dan memanfaatkan database besar milik perusahaan yang mencapai hingga 100 juta penumpang per tahun.

Baca Juga: AirAsia X Genap Berusia 10 Tahun, Mantapkan Identitas Sebagai LCC Jarak Jauh

“Kami berusaha untuk beralih dari sekadar menjadi maskapai penerbangan, dan mulai menggunakan lalu lintas penumpang kami untuk membangun sebuah platform. Kami mungkin memiliki salah satu situs web terbesar di Malaysia – atau bahkan di Asia Tenggara, ”katanya ujar Toni, dikutip KabarPenumpang.com dari laman New Straits Times.

Toni mengatakan AirAsia saat ini diperingkatkan sebagai maskapai terbesar ke-13 di dunia dan dalam beberapa tahun diupayakan untuk merangsek naik ke-10 besar.

“Prestasi ini tidak bisa dipandang sebelah mata – mengingat dari tempat kami memulai sebagai maskapai kecil di Malaysia. AirAsia menduduki nomor empat di Asia (maskapai terbesar) setelah tiga maskapai penerbangan Tiongkok, ”kata Toni.

Fernandes berkeinginan untuk mengganti slogan AirAsia dari “Now Everyone Can Fly” menjadi “Now Everyone Can Travel”. Pergantian slogan ini juga tidak lepas dari upaya Toni cs. untuk memperlebar sayap bisnis mereka yang rencananya akan menawarkan pengalaman baru untuk menginap dan melancong.

“Kami melihat banyak peluang untuk memberikan layanan melalui situs web kami,” tandasnya.

Ya, kelak situs web AirAsia mungkin akan mirip dengan Traveloka.com atau situs sejenis yang tidak hanya menjajakan tiket saja, melainkan booking hotel dan lain-lain.

Baca Juga: AirAsia ‘Hilang’ dari Traveloka dan Tiket.com, Alasan Teknis atau Ada Tekanan?

“Kami mulai dengan maskapai asing sesegera mungkin. Kelak, kami dapat bersaing dengan Expedia dan Agoda. Langkah pertama kami adalah membuat perjalanan menjadi lebih terjangkau, misalnya membuat harga tiket kereta api, bus, dan taksi menjadi lebih murah, ”terang Toni.

Tidak menutup kemungkinan, Toni menambahkan, AirAsia.com akan menjadi portal lifestyle dengan menambahkan beberapa kategori baru, seperti destinasi wisata, kuliner, dan konten kecantikan/kesehatan.