Empat Jam Tertahan di Kabin, Penumpang Coba Dobrak Pintu Kokpit dan Buka Pintu Darurat!

0

Baru-baru ini penumpang Air India mengamuk dalam kabin pesawat dan memaksa masuk ke kokpit, bukan itu saja, sang penumpang juga berniat membuka pintu darurat. Hal ini terjadi karena penumpang tertahan selama empat jam di dalam pesawat karena kesalahan teknis.

Baca juga: Sempat Sesak Napas, Penumpang Turkish Airlines Coba Mendobrak Kokpit

Kabar penumpang.com melansir thesun.co.uk (6/1/2020), penerbangan tertunda selama empat jam ini terjadi pada Air India dengan nomor penerbangan AI865 yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Delhi pukul 10.10 waktu setempat pada Kamis (2/1/2020) lalu dan penumpang sudah naik ke pesawat sejak pukul 09.15. Namun penerbangan ini ternyata tidak lepas landas di runway setelah satu setengah jam.

Ternyata penerbangan tujuan Mumbai tersebut terhalang adanya gangguan teknis yang membuat penundaan yang lama. Tak hanya itu setelah empat jam tertahan, penumpang baru diizinkan turun sekitar pukul 14.20 sebelum diberangkatkan kembali pukul 18.00 atau tujuh jam setelah penundaan alias delay.

Saat penundaan dan penumpang tertahan selama empat jam, mereka kemudian marah dan berdiri di lorong kabin serta beberapa orang menggedor-gedor pintu kokpit. Bahkan sampai ada seorang penumpang wanita yang berteriak, “Jika Anda tidak membuka pintu, saya akan mendobraknya.”

Tak hanya itu penumpang wanita lainnya juga berusaha membuka pintu darurat. Untungnya saat itu awak kabin melihat dan melepaskannya dari pegangan pintu. Selain itu penumpang lain pun juga menyuruhnya agar berhenti.

Sebelum membuka pintu darurat, awak kabin memeriksa jendela, atas kejadian tersebut belum ada penumpang yang dikenakan denda atas perilaku mereka. Karena insiden ini, bisa saja banyak penumpang yang berpotensi terkena dakwaan yang dapat mengakibatkan mereka dilarang naik pesawat selama dua tahun di bawah aturan baru India.

Aturan tersebut menyebutkan bahwa siapa pun yang diketahui telah memperlihatkan  perilaku yang mengancam jiwa atau kerusakan pada pesawat mak akan dihadapkan pada dakwaan pidana.

“Penerbangan itu sangat tertunda karena alasan teknis. Manajemen Air India telah meminta kru untuk merinci laporan tentang perilaku buruk yang dilaporkan oleh beberapa penumpang,” ujar juru bicara Air India.

Baca juga: Berlisensi Palsu dan Terbangkan Pesawat Berbadan Lebar, Pilot ini Dipidanakan

Diketahui beberapa waktu lalu seorang penumpang Jet2 di denda dan dilarang terbang oleh maskapai tersebut selama seumur hidup setelah mencoba masuk ke kokpit dan membuka pintu darurat. Kemudian ada seorang penumpang gila yang memicu kepanikan setelah membuka pintu pesawat yang sedang bersiap untuk berangkat. Tak hanya itu, seorang penumpang wanita juga pernah diamankan karena membuka pintu darurat, lantaran hawa di kabin terlalu pengap.

Leave a Reply