Enam Hal Sebelum Pilih Koper atau Tas Jinjing untuk Berlibur

0

Pelancong masa kini tidak suka dengan hal yang ribet dan memusingkan ketika akan bepergian ke suatu tempat. Salah satunya seperti pemilihan koper atau tas jinjing yang akan digunakan membawa barang pelancong milenial.

Baca juga: Agar Penerbangan Nyaman, Inilah Tips Bawa Koper ke Dalam Bagasi Kabin

Apalagi ketika pelancong hanya ingin liburan dalam waktu singkat biasanya akan memilih tas jinjing atau koper yang bisa masuk dalam kabin. KabarPenumpang.com melansir laman t3.com, ada enam hal yang perlu dipikirkan pelancong untuk memilih koper, ransel atau tas jinjing untuk di bawa dalam kabin.

#1 Ukuran sesuai
Biasanya maskapai berbiaya penuh memberikan kapasitas berat barang bawaan hingga 40 kg per penumpang. Namun pelancong masa kini lebih memilih dengan menggunakan maskapai berbiaya hemat (LCC) yang jarang memberikan bagasi kargo secara cuma-cuma dan hanya memberikan bagasi kabin yang berukuran 56x45x25 cm dengan berat tujuh kilogram dan ada juga yang memberikan hingga 23 kg.

#2 Gadget
Sebagai pelancong, gadget seperti tablet atau laptop seringkali dibutuhkan baik untuk menulis tentang perjalanan ataupun hal lainnya. Pilih koper yang memiliki kantong luar untuk meletakkan laptop dan tablet. Selain itu beberapa koper juga memiliki tempat kacamata hitam yang bisa berguna diakses dengan cepat ketika turun dari pesawat dan matahari terik. Kantong atau ruang di bagian luar koper juga bisa digunakan untuk meletakkan makanan dan minuman ketika berada di bandara.

#3 Dua atau empat roda
Lebih baik pilih yang empat roda dibandingkan dengan yang dua. Sebab biasanya roda empat lebih memberikan mobilitas yang baik. Bila menggunakan koper atau tas dengan dua roda pun sebenarnya tidak masalah. Tetapi jika bandara atau stasiun kereta api sangat padat dan sibuk apalagi dalam antrian, koper dua roda mengambil ruang untuk dua atau tiga orang. Sedangkan koper dengan empat roda bisa berada di samping dan lebih aman serta mudah mendorongnya.

#4 Cek keadaan koper
Sebelum membeli koper dan tas, cek pegangan dan roda karena bisa memengaruhi stabilitas koper ketika bepergian.

#5 Pilih bahan tas atau koper
Koper dengan bahan polikarbonat atau cangkang keras lebih awet ketika dibawa bepergian. Sedangkan bila bahannya lebih lunak bisa menggembungkan bagian lainnya agar barang bawaan bisa masuk lebih banyak.

Baca juga: PaQ, Amankan Barang Berharga dalam Koper dari Benturan di Bagasi

#6 Perhatikan bagian dalam
Koper lengkap dengan roda dan pegangan bisa terlihat dengan pasti dari luar. Sedangkan terkadang pembeli sering lupa melihat bagian dalamnya. Cari bagian dalam yang tahan air, lihat apakah ada kantong baik di tutup koper atau sekitar kompartemen utama. Jangan lupa cari tali kompresi yang bisa mengemas pakaian masuk leih banyak ke koper.

Leave a Reply