Tuesday, April 16, 2024
HomeBus AKAPEra Bus Single Glass Kembali Terlihat Jelas

Era Bus Single Glass Kembali Terlihat Jelas

Meski beberapa karoseri sudah melakukan pembaharuan pada ‘bando’ armada double glass garapan mereka. Tetapi masih saja banyak anggapan bahwa dari dalam bus double glass atau kaca tumpuk pandangan ke depan tetap terganggu dan tidak luas. Apalagi bus dengan gaya single glass kini lebih banyak digunakan oleh perusahaan tambang untuk mengangkut karyawan mereka.

Baca juga: Ini Perbedaan Bus Single Glass dan Double Glass yang Digunakan Karoseri di Indonesia

Maka, banyak karoseri yang jarang membuat bus dengan single glass menjadi bus AKAP atau pariwisata. Namun ternyata, karena gangguan adanya double glass, era single glass kembali terlihat cerah. Sebab, meski terbilang jadul dan ketinggalan zaman, kini karoseri kenamaan mulai kembali merilis bus dengan single glass untuk perusahaan otobus (PO) yang memiliki trayek antar kota antar provinsi (AKAP).

Bus single glass ini dirilis kembali tentunya dengan tampilan baru yang lebih segar ketimbang era single glass terdahulu. Mulai dari selendang dan bodi, semuanya mengikuti body double glass tetapi untuk kaca depan kembali menggunakan gaya single glass.

Tren single glass ini diprakarsai kembali oleh karoseri Laksana, lalu karoseri Morodadi Prima dan Tentrem juga merilis produk single glass terbaru mereka. Belum lama ini karoseri Adiputro pun merilis bodi single glass terbaru mereka yang dibuat untuk PO Juragan99 asal Malang.

Tentunya bus dengan konsep single glass ini kembali giat dirilis untuk perusahaan bus AKAP guna kembali ke masa era single glass terdahulu dimana visibilitas pandangan tidak tertanggu, dan tentu saja tetap mengikuti perkembangan jaman dari segi desain body.

Meskipun demikian, bisa dikatakan bahwa tuntutan pasar sampai saat ini masih menyukai tren kaca depan tumpuk. Akan tetapi hal ini tentu saja tidak menutup kemungkinan era single glass yang kembali menghangat pada tahun 2021 kemarin bisa menjadi booming dan menggeser tren bus besar dengan kaca depan tumpuk.

Baca juga: Tri Sakti Jadi Karoseri Anak Bangsa Pertama yang Bangun Bus Tingkat

Selain itu, hadirnya single glass dengan nafas ‘kekinian’ tentu juga bisa membuat model bus yang wara-wiri di jalanan Indonesia semakin banyak dan juga bervariasi. Jadi, tidak melulu double glass. (Senna Aditiya – Penggemar Bus)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru