Tri Sakti Jadi Karoseri Anak Bangsa Pertama yang Bangun Bus Tingkat

0
Bus tingkat Solo bernama Werkudara

Rasanya hampir semua perusahan otobus atau (PO) memiliki bus double decker atau bus tingkat. Tapi sebagai pecinta bus, tahukah Anda karoseri yang pertama kali membuat bus tingkat di Indonesia? Mungkin Anda akan berpikir karoseri Adiputro, Laksana atau karoseri terkenal lainnya.

Baca juga: Werkudara, Bus Tingkat di Solo Besutan Karoseri Indonesia

Namun, ternyata karoseri yang membuat bus tingkat pertama kali adalah Tri Sakti. Penasaran? KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, karoseri yang membuat bus tingkat pertama adalah Tri Sakti yang didirikan oleh Widodo tahun 1983 silam. Letaknya berada tepat di Jalan Raya Magelang – Purwerejo Km. 10, Tempuran, Magelang Jawa Tengah.

Karoseri Tri Sakti memiliki pekerja lebih dari 300 orang dan lokasinya sendiri berada di bangunan dengan luas lebih dari 35 ribu meter persegi. Dalam setahun, Tri Sakti menghasilkan berbagai produk bus berkualitas sekitar 300 hingga 500 unit untuk bus besar, sedang, mini bus dan kendaraan khusus.

Salah satu produk dari karoseri Tri Sakti adalah bus double decker atau bus tingkat pertama yakni Werkudara yang menjadi bus wisata kota Solo. Pembuatan bus Wekudara sendiri selesai pada tahun 2010 dan dioperasikan satu tahun kemudian.

Bus Werkudara Solo bisa menampung total 43 penumpang, 18 penumpang di kabin bawah dan 18 penumpang di dek atas. Soal dapur pacu, bus ini pakai mesin OM 924 LA, 4,8 liter, 4 silinder, yang bisa menghasilkan tenaga 160 kW (218 dk). Setelah eksis digunakan sebagai bus wisata atau bus perkotaan, bus double decker mulai dibuat untuk kebutuhan trayek bus AKAP, dengan dimensi dan kapasitas mesin lebih besar.

Selain bus double decker Werkudara, salah satu varian paling sukses yang pernah dibuat oleh Tri Sakti adalah varian Old Setra, yang mana banyak sekali PO yang menggunakannya. Satu ciri khas yang unik dari Setra Trisakti ini adalah diaplikasinya spoiler pada ekor bus. Menambah kesan sporty walau hampir tidak berpengaruh pada aerodinamika.

Berdiri hampir 40 tahun, Tri Sakti telah membuktikan kualitas produknya dan memiliki pangsa pasar nasional. Di mana pabrik pembuatan bus milik karoseri Tri Sakti memiliki peralatan yang selalu mengikuti perkembangan teknolohi untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Baca juga: Ini Perbedaan Bus Single Glass dan Double Glass yang Digunakan Karoseri di Indonesia

Bahkan memiliki area parkir standara penuimpanan sasi yang ditentukan APM untuk menjaga kualitas dan keamanan sasis. Selain itu juga ada parkir khusus untuk barang jadi alias bus siap pakai yang akan dikirim ke pemilik PO.