FAA Resmi Pensiunkan Nomor Registrasi Pesawat Amelia Earhart, Pilot Wanita Pertama di Dunia

0
Amelia Earhart, pilot wanita pertama di dunia yang hilang misterius saat mengejar rekor penerbangan keliling dunia pada tahun 1937. Foto: abc.es

Pada hari ini, 33 tahun lalu, bertepatan dengan 8 Februari 1988, Regulator Penerbangan Sipil Amerika Serikat (AS) FAA resmi mempensiunkan sebuah nomor registrasi pesawat untuk pertama kalinya di AS. Nomor registrasi yang dipensiunkan itu dahulu digunakan oleh pesawat yang ditumpangi Amelia Earhart, pilot wanita pertama di dunia yang hilang misterius di di Samudera Pasifik.

Baca juga: Bukan Amerika, Inggris, atau Cina, Inilah Negara yang Jadi Tempat Registrasi Pesawat Terbanyak

Laporan The Oklahoman, keputusan itu diambil untuk menghormati Amelia Earhart atas desakan dari berbagai pihak, salah satunya keluarga sang pilot legendaris itu, Muriel Earhart Morrissey.

Dalam sebuah surat pada 10 Januari, ia mendesak administrator FAA, T. Allan McArtor, agar nomor pesawat saudara perempuannya dipensiunkan.

“N16020 adalah nomor yang sangat berharga,” tulisnya. “Agaknya paling tepat jika nomor ini secara resmi dikeluarkan (dipensiunkan) dari daftar registrasi pesawat FAA,” tambahnya.

“Dan itu akan menjadi penghormatan yang besar untuk Amelia dan seluruh kenanangan yang melekat pada pesiunnya (nomor registrasi) N16020 dan dipertahankan sampai waktu yang tak terbatas atas namanya,” jelasnya.

Usai dipensiunkan, manager penerbang dan registrasi pesawat FAA, Earl F. Mahoney, memastikan nomor registrasi tersebut tidak akan pernah lagi digunakan di pesawat lain selama tidak ada proses politik untuk membuat nomor registrasi tersebut kembali ‘hidup’.

Catatan FAA menunjukkan Lockheed Aircraft Corporation telah memberi nomor registrasi N16020 untuk pesawat Electra 10-E yang digunakan Amelia Earhart pada tahun 1936. Pasca hilangnya pilot tersebut pada 2 Juli 1937, dalam sebuah catatan, nomor registrasi itu sempat ditarik pada Juli 1938.

Disebutkan, nomor registrasi tersebut dihapus dari daftar nomor registrasi aktif untuk jangka waktu tertentu atas perintah seorang pejabat, “Tidak untuk ditugaskan ke pesawat mana pun (bertanda tangan) FJB.” Tak disebutkan dengan jelas siapa itu FJB.

Akan tetapi, pada tahun 1957, pejabat yang sama membatalkan perintah lamanya dengan mengeluarkan perintah baru berbunyi, “N16020 dapat kembali digunakan.”

Baca juga: Aeroflot Registrasi Pesawat Airbus A350 Baru di Bermuda, Gegara Lari dari Pajak?

Setelah itu, nomor registrasi kramat tersebut sempat jatuh ke tangan Continental Airlines. Namun, atas permintaan dari keluarga Earhart, nomor registrasi tersebut diserahkan kepadanya. Sampai di sini, nomor registrasi tersebut masih aktif dan kapanpun bisa saja digunakan di pesawat lain hingga pada akhirnya desakan dari keluarga Earhart ke FAA pun disambut positif dan diproses untuk mendapat kepastian hukum.

Hanya saja, saat ini mungkin FAA masih terus mempensiunkan nomor registrasi peninggalan Amelia Earhart, tetapi, tidak menutup kemungkinan pejabat yang berkepentingan di masa mendatang akan mengaktifkan nomor ini kembali. Hal itulah setidaknya yang tidak dapat dijanjikan oleh Earl F. Mahoney selaku pejabat FAA ketika mempensiunkan nomor registrasi pesawat Amelia Earhart.

Leave a Reply