Fisker Kembangkan Mobil Listrik Khusus Paus Fransiskus di Vatikan

0
Sebuah render dari SUV listrik Fisker sedang dibuat untuk Paus Francis (newatlas.com)

Stratup kendaraan listrik Fisker mulai mengalihkan perhatiannya ke transportasi kepausan dan mengungkapkan rencana pengembangan kendaraan listrik khusus untuk Paus Fransiskus. Pengalihan ini setelah mereka meluncurkan SUV Ocean yang telah ditunggu pada perhelatan CES tahun lalu.

Baca juga: Ada Keunikan Dibalik Penerbangan Paus ke Seluruh Dunia 

KabarPenumpang.com melansir dari laman newatlas.com (23/5/2021), mobil listrik kepausan tersebut didasarkan pada SUV Ocean yang menurut Fisker sangat cocok untuk aplikasi semacam itu dan diharapkan dikirimkan ke Sri Paus pada tahun depan. Fisker meluncurkan SUV Ocean-nya tahun lalu, dan mengungkapkan apa yang disebutnya sebagai kendaraan paling ramah lingkungan di dunia.

Salah satu pendiri Fisker, Henrik Fisker dan Dr. Geeta Gupta-Fisker bersama Paus selama kunjungan ke Kota Vatikan (newatlas.com)

SUV Ocean sendiri memiliki paket baterai 80-kWh yang menawarkan jangkauan 250 hingga 300 mil (402 hingga 483 km). Fitur ramah lingkungan lainnya termasuk bahan ramah dengan interiornya, seperti karpet yang terbuat dari sampah plastik yang diambil dari laut.

Kemudian, ada juga solar panel berukuran penuh yang diklaim Fisker dapat menghasilkan energi yang cukup untuk menggerakkan mobil melintasi 1.000 mil (1.600 km) dalam satu tahun.

“Saya mendapat inspirasi membaca bahwa Paus Fransiskus sangat perhatian tentang lingkungan dan dampak perubahan iklim bagi generasi mendatang. Bagian dalam dari mobil Paus akan berisi dari berbagai bahan yang merupakan hasil daur ulang, termasuk karpet yang terbuat dari botol plastik daur ulang dari laut,” kata salah satu pendiri Fisker, Henrik Fisker.

Hendrik mengatakan, ini bukan pertama kalinya Fisker melihat kendaraan listrik digunakan untuk meningkatkan kredensial lingkungan Vatikan. Sebelumnya, Paus Fransiskus menerima Nissan Leaf pada tahun 2017, dan Paus Benediktus XVI menerima Kangoo Maxi Z.E. dari Renault pada tahun 2012.

Tapi ini akan menjadi Popemobile listrik pertama yang ditujukan untuk penampilan  Paus di muka publik. Fisker mengatakan Popemobile dilengkapi desain kubah kaca untuk pemandangan yang jelas ke dalam dan ke luar kendaraan saat Paus menyapa umatnya.

Baca juga: Jalur Kereta Terpendek di Dunia, Ternyata ada di Vatikan

Fisker berencana untuk mengirimkan satu unit Popemobile kepada Paus Francis tahun depan, sementara produksi untuk SUV Ocean diharapkan akan dimulai pada November 2022 dengan harga mulai dari US$37,49.