[Foto-foto] Kekacauan di Bandara Kabul Sampai Ada yang Tewas Terlindas Pesawat

0
Foto: TRT World

Dalam beberapa hari terakhir, foto dan video kerumunan masyarakat di Bandara Kabul berseliweran di jagat dunia maya. Bahkan, saking banyaknya masyarakat yang memenuhi bandara, korban tewas akibat terlindas pesawat pun berjatuhan.

Baca juga: Ini Deretan Pesawat Maskapai yang Terjebak di Bandara Kabul Usai Chaos

Warga Afghanistan memenuhi Bandara Kabul semata untuk melarikan diri, mengingat negara tersebut hanya mempunyai akses darat dan udara alias tak punya laut, untuk akses keluar masuk. Mereka berebut menumpangi pesawat, bahkan yang sedang parkir sekalipun.

Bagi yang tak kedapatan tempat di kabin, mereka bahkan rela bergelayutan di landing gear pesawat. Agar lebih lengkap, berikut deretan foto-foto yang kami himpun dari berbagai sumber.

1. Taliban tembaki warga

Foto: Twitter @yamphoto

Taliban memang tak berani mengganggu proses evakuasi di bandara karena sudah diancam oleh AS. Tetapi, ancaman AS tak berlaku untuk di luar bandara. Terlebih penduduk asli Afghanistan. Mereka ditembaki Taliban saat menuju bandara guna melarikan diri.

2. Panjat dinding

Foto: Anadolu Agency via Getty Images

Dikarenakan bagian depan bandara di jaga ketat, warga masuk ke Bandara Kabul dengan memanjat dinding pembatas.

3. Suasana di Bandara Kabul sebelum kudeta

Foto: Twitter @BBCYaldaHakim

Warga Afghanistan, sebelum terjadi kudeta oleh Taliban pada 15 Agustus lalu, sudah mulai memadati bandara untuk melarikan diri ke luar negeri. Banyak di antara mereka yang terbang ke Uni Emirat Arab dan Qatar karena dinilai menjanjikan kehidupan yang lebih sejahtera.

4. Kerumunan di Bandara Kabul

Foto: Twitter BBC

Usai berhasil memanjat dinding pembatas bandara, warga mulai memadati apron bahkan runway Bandara Kabul.

5. Rebutan masuk pesawat

Foto: TRT World

Setelah tiba di area apron, warga langsung menyerbu pesawat yang tengah parkir. Padahal, tak jelas kapan pesawat akan mengudara. Foto sebelah kanan adalah kejadian di Afghanistan dan kiri adalah foto saat terjadi Perang Vietnam.

6. Warga nyaris terlindas pesawat

Foto: Tangkapan layar Twitter @aviationbrk

Bagi warga yang tidak kebagian tempat di kabin manapun pesawat, mereka bahkan rela menumpangi pesawat dengan cara bergelayutan di bagian luar pesawat, seperti landing gear, dan lain sebagainya.

7. Suasana di dalam pesawat

Foto: Twitter @TheInsiderPaper

Bagi yang berhasil mendapat tempat di dalam pesawat untuk evakuasi pun kondisinya sangat tak nyaman, seperti gambar di atas, dimana sekitar 800 warga Afghanistan berhimpitan di lantai.

Baca juga: Tak Seperti di Indonesia, Penumpang Gelap Asal Afrika Tewas di Roda Pesawat Karena Kedinginan

8. Sama-sama evakuasi tapi beda nasib

Foto: Twitter @ZaidZamanHamid

Berbeda dengan wagra Afghanistan yang duduk berhimpitan di dalam pesawat C-17 Globemaster, militer dan intel India yang ditarik dari Afghanistan nyaman dan tidak penuh sesak.

9. Warga Afghanistan jatuh dari langit

Foto: Twitter @AsvakaNews

Ulah sebagian warga yang bergelantungan di landing gear pun berakhir tragis. Laporan media lokal, ada salah satu penumpang gelap yang jatuh dari langit sebagaimana foto di atas. Laporan lain menyebut ada beberapa korban tewas lainnya yang ditemukan di roda pesawat karena terlindas.