Fotonya Viral di Twitter Karena Keusilan, Perempuan Ini Buat Pelaku Jera

(ABC News)

Pada 3 Juli 2018 kemarin sempat viral foto seorang gadis cantik yang dijuluki #PrettyPlaneGirl di Twitter. Foto perempuan tersebut diunggah oleh Rosey Blair saat berada di Alaska Airlines dalam penerbangan dari New York ke Dallas.

Baca juga: Viral di Facebook, Jumlah Followers Instagram Petugas KRL Cantik ini Tembus Angka 27,6 Ribu!

KabarPenumpang.com melansir dari laman foxnews.com (15/7/2018), awalnya Blair meminta perempuan tersebut untuk berpindah duduk agar dirinya bisa duduk bersama sang kekasih Huston Hardaway. Kemudian Blair memfoto perempuan tersebut yang duduk disebelah seorang pria dari belakang dan bercanda dengan pasangannya sembari mengatakan mungkin ada cinta antara keduanya.

Blair kemudian melanjutkan untuk mendokumentasikan keduanya bahkan mengikuti ke gerbang kedatangan. Foto keduanya pun kembali di unggah Blair di akun Twitternya dan menjadi viral dengan 20 ribu like pada setiap postingan dan reaksi penuh harapan dari warganet.

Kemudian diketahui pria tersebut adalah Euan Holden, mantan pemain sepakbola profesional yang dikenal dengan #PlaneBae diramainya media sosial. Sejak kemunculan di Twitter, Holden lalu muncul di sejumlah acara pagi hanya untuk ditanyakan tentang foto dirinya bersama perempuan tersebut.

Karena viralnya foto-foto tersebut di Twitter, maka komunitas online segera merubah dan menyatakan situasi itu sebagai pelanggaran pirvasi #PrettyPlaneGirl. Holden pun meminta pengguna media sosial untuk menghormati privasi perempuan tanpa nama itu. Tak hanya itu Blair pun akhirnya mengeluarkan permintaan maaf atas tindakannya.

“Hal terakhir yang ingin saya lakukan adalah menghapus foto dari perempuan itu. Aku berharap aku bisa mengkomunikasikan rasa malu yang telah kurasakan setelah melakukan ini, tetapi aku benar-benar merasa bahwa pada titik ini perasaanku tidak relevan dan mungkin terlalu terlambat,” ujar Blair.

Pada 13 Juli, #PrettyPlaneGirl berbicara untuk pertama kalinya melalui sebuah pernyataan melalui pengacaranya, Wesley Mullen dari firma hukum Mullen PC yang berbasis di New York City.

Baca juga: Viral Suzuki Jimny Nongkrong di Atas Rel LRT Sumatera Selatan. Ada Apa?

“Saya seorang perempuan profesional muda. Pada tanggal 2 Juli, saya mengambil penerbangan komersial dari New York ke Dallas. Tanpa sepengetahuan saya atau persetujuan, penumpang lain memotret saya dan merekam percakapan saya dengan  teman. Mereka memposting gambar dan rekaman ke media sosial, dan berspekulasi tidak adil tentang tingkah laku pribadiku”.

“Sejak itu, informasi pribadi saya telah didistribusikan secara luas secara online. Orang-orang asing secara terbuka mendiskusikan kehidupan pribadi saya berdasarkan informasi yang salah. Saya telah diresapi, dipermalukan, dihina dan dilecehkan. Voyeurs telah mencariku melalui media sosial dan di dunia nyata. Saya tidak meminta dan tidak mencari perhatian. #PlaneBae bukan romansa, ini adalah kisah peringatan usia digital tentang privasi, identitas, etika, dan persetujuan. Harap terus menghormati privasi saya, dan keinginan saya untuk tetap anonim.”