Manfaat Gunakan Jasa Agen Perjalanan, Bisa Hemat Hingga Satu Jutaan!

Ilustrasi. Sumber: istimewa

Jaman sudah berkembang, semuanya dapat dengan mudah Anda dapatkan hanya dengan menggerakkan jari di gadget Anda. Mulai dari belanja kebutuhan sandang dan pangan, hingga membeli tiket perjalanan, semuanya dapat Anda akses melalui gadget dewasa ini. Kendati semuanya sudah serba instan dan online, namun itu tidak mengindikasikan kehancuran dari jasa agen perjalanan wisata. Malah, sebagian orang masih beranggapan bahwa menggunakan jasa tersebut lebih menguntungkan ketimbang beli tiket secara online.

Baca Juga: Cerdik! Orang Ini Pernah Terbang Dengan Tiket Senilai Rp17 Ribu

Mungkin sebagian dari Anda akan bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman smartertravel.com, terlepas dari tujuan perjalanan Anda yang sesungguhnya, penggunaan jasa agen perjalanan wisata ternyata dapat membantu menyaring semua kemungkinan yang akan Anda temui dalam membeli tiket – tidak lupa juga mereka akan merekomendasikan harga termurah dari setiap perjalanan.

Dalam contoh yang terlampir di laman sumber, terlihat peran dari agen perjalanan ini lebih mirip seperti seorang manager yang mengatur kemungkinan jadwal yang bisa diambil oleh pelanggan. Semisal, seseorang hendak pergi dari San Diego menuju Zurich pada tanggal 10 Agustus dan kembali pada tanggal 14 Agustus dengan membawa serta istri dan anaknya. Alih-alih memesan langsung tiket via online, ia lebih memilih untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada agen perjalanan.

Cukup mengirimkan email atau mendatangi langsung kantor dari si agen perjalanan, ia bisa mengutarakan maksud perjalanannya tersebut. Tidak lupa ia mengecek terlebih dahulu harga perkiraan tiket, sekedar untuk mematok perkiraan harga yang akan dikenakan. Selang beberapa waktu, si pihak agen perjalanan akan memberikan beberapa kemungkinan rencana perjalanan yang bisa dipilih, lengkap dengan rincian harganya.

Mengingat pihak maskapai tidak lagi menggelontorkan komisi terhadap agen perjalanan, maka ada dana tambahan yang mesti Anda tanggung. Dana tersebut pun bergantung pada jumlah harga yang dikenakan pada perjalanan Anda; US$35 (Rp505.000) per orang untuk total harga perjalanan maksimal US$700 (Rp10 juta), dan 5 persen dari total harga perjalanan per orang semisal harga keseluruhan melebihi US$700.

Baca Juga: Maskapai di Amerika Serikat Tawarkan Tarif Ekonomi Dasar, Murah Tapi Berisiko

Dari contoh di atas, pria ini berhasil menghemat sekitar US$105 atau yang setara dengan Rp1,5 juta untuk perjalanan PP dari San Diego menuju Zurich, sudah termasuk komisi untuk si agen perjalanan. Cukup hemat ya semisal berkaca pada contoh di atas? Namun tentu saja, secara keseluruhan kondisi di luar sana berbeda dengan di Indonesia. Mungkin bagi Anda yang penasaran, bisa mencoba jasa dari agen perjalanan ini.